Thursday, February 19, 2015

Jurnal Homeschool Bagian 5: A I U, Ba, Bi, Bu



Assalamualaikum.

Setelah berantakan ga karu-karuan, saya kembali menyusun waktu belajar anak-anak. Awalnya, saya menuliskan semua kegiatan saya selama sehari penuh. Semua yang biasa dan harus saya kerjakan. Ternyata ada sisa dua jam yang bisa dialokasikan untuk belajar. Alhamdulillah.

Nah, saya pun mencoba memanfaatkan waktu itu untuk memulai lagi membimbing anak-anak. Pelan-pelan, sabar dan tanpa suara tinggi, ya, bu, hehehe.

Kali ini saya mencoba mengenalkan aksara A tapi ternyata mereka belum banyak kemajuan dalam menulis jadi saya banting stir: membaca huruf Arab. Itupun tak terlalu canggih. Saya hanya menuliskan huruf Alif dengan tanda bacanya lalu membaca dan meminta mereka mengulang. Terus begitu sampai bisa.

Tak perlu banyak alat peraga dan sebagainya. Hanya kertas dan pensil plus kesabaran berlapis-lapis, berharap Alloh meridhoi usaha kami. Tak lupa ajarkan pula doa-doa dan surat pendek. Semoga Alloh mudahkan proses belajar kita semua. Aamiin.

Setelah beberapa kali belajar,
saya buat poster dari kalender bekas.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...