Sunday, March 1, 2015

Membuat Miniatur Kota untuk Bermain




Assalamualaikum.

Seperti janji saya sebelumnya, saya membuat miniatur kota untuk bermain anak-anak. Inspirasinya dapat dari postingan teman di FB. Dia posting beberapa mainan yang bisa dibuat sendiri. Aslinya adalah karpet untuk main mobil-mobilan tapi terbuat dari kain. Nah, buat saya lebih mudah menggunakan kardus dan kotak-kotak bekas ternyata karena tukang kain jauh dan belum tentu ada kain yang saya butuhkan. 

Jadi, yang ada saja deh.

Bahan yang diperlukan:
Kardus besar untuk alas, biasa bekas perabot atau alat elektronik.
Kertas warna-warni
Cello tape
Double tape
Lem
Kotak bekas kemasan
Alat tulis

bengkel, toko kue dan pasar swalayan

Cara membuat:
1. Ukur dulu kardus alasnya. Kira-kira berapa lebar jalanan dan apa saja yang akan dibuat di atasnya. Beri tanda dengan pensil.
2. Mulailah membungkus kotak bekas kemasan dengan kertas warna atau kertas putih yang bisa diwarnai. Kotak-kotak itu bisa menjadi bangunan-bangunan yang ditempel di kardus dengan bantuan double tape.
3. Beri hiasan berupa pohon, pagar dan sebagainya.

apartemen dari kotak bekas teh berbungkus katalog bekas


kantor pemadam kebakaran ^^

Dan kemudian hancur. -,- Double tape tidak cukup kuat menahan kotak-kotak kemasan untuk tetap berdiri tegak. Ketendang sekali, langsung rebah.

Saya lalu membuat lagi miniatur yang lebih kecil dengan karton yang kami beli di market. Plus menambah jalan dari kertas warna dan rumah, hasil ngubek-ngubek peti harta karun, hehe. Tak lupa mewarnai bagian-bagian tertentu dengan crayon. 


dengan ukuran lebih kecil, maket bisa disimpan di kolong bangku


mempertahankan kotak-kotak yang rebah

rumah siapakah itu?


posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...