Wednesday, August 5, 2015

Membuat Mie Tanpa Mesin





Assalamualaikum.

Kemarin, saya membuat makanan Korea lagi, chicken noodle soup (dak-kalguksu). Untuk masakan itu, saya harus membuat mie sendiri tanpa bantuan mesin. Karena pengen tahu kayak apa hasilnya, saya ikuti saja prosesnya.

Alhamdulillah, tidak terlalu sulit dan hasilnya pun tidak terlalu mengecewakan. Tentu saja tidak kecil-kecil seperti buatan mesin, tapi teksturnya kenyal plus gendut-gendut mirip mie soba.

Lah, si dak-kalguksu itu tadi bagaimana? Enak tapi kurang nampol. Kapan-kapan kalau saya modifikasi, saya posting, insya Alloh. Sementara, bikin mie aja dulu.

Mie
(adaptasi dari Maangchi)
Bahan:
3 1/2 cup terigu serbaguna
1/2 cup tepung pati kentang (potato starch, saya pakai wheat starch)
2 sdm minyak sayur
1 1/4 cup air
1 sdt garam
*saya pakai setengah resep

Cara membuat:
1. Campur semua bahan. Uleni hingga kalis.
2. Masukkan ke dalam plastik atau wadah dan tutup dengan serbet. Diamkan selama 10 menit.
3. Buka dan uleni kembali selama 2-5 menit hingga adonan halus.
4. Bagi dua adonan.


5. Siapkan meja kerja yang bersih dan taburi dengan tepung pati.
6. Gilas adonan hingga ketipisan yang diinginkan.

7. Taburi adonan dengan tepung pati. Ratakan.
8. Lipat atau gulung adonan.
9. Iris dengan pisau yang tajam.

10. Siapkan air mendidih.
11. Masukkan mie ke dalam air mendidih. Aduk dan ratakan dengan sendok kayu. Tutup panci selama 5 menit.
12. Jika mie mengapung dan air berbusa, angkat mie dan mie siap diolah.

Catatan:
Jika mie ingin disimpan, simpan sesuai porsi yang hendak disajikan dalam wadah tertutup di freezer. Saat hendak menikmatinya, tinggal mendidihkan air dan merebus mie hingga matang. Cara ini lebih baik daripada menyimpan mie di lemari es karena biasanya mie yang disimpan dalam lemari es cenderung menempel.


posted from Bloggeroid

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...