Wednesday, March 23, 2016

Donat Empuk untuk Acara Silaturahim PPI Gaziantep



Assalamualaikum.

Anak-anak PPI Gaziantep ngumpul lagi setelah lama tak berkumpul. Kali ini mbok warteg memenuhi rekues mereka: donat. Sepertinya mereka sedang sakaw donat.

Resep donat yang dipakai kali ini adalah resep roti sobek yang sudah pernah dicoba sebelumnya. Satu resep menghasilkan sekitar 30 donat dan donatnya empuk puk puk. Plus resepnya tanpa timbangan. Bener-bener resep juara deh.

Donat Empuk
Bahan:
4 gelas terigu*
1 sdm ragi instan
8 sdm gula
1 sdt garam
1 gelas susu
1/2 gelas yogurt
1/2 gelas minyak sayur
1 butir telur, kocok lepas
*gelas/cangkir yang dipakai berukuran 200ml



Topping cokelat:
1 paket cokelat keping
2-3 sdm susu cair
2 sdm gula pasir

Cara membuat:
1. Campur susu hangat, ragi dan gula.
2. Campur garam, yogurt, dan minyak sayur serta telor, kocok rata.
3. Tuang campuran susu ke dalam terigu yang sudah diayak, aduk, tambahkan campuran telor, aduk kembali hingga menyatu.
4. Pindahkan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni hingga kalis elastis (10-15 menit). Jika adonan masih terasa lengket, celupkan tangan ke terigu dan uleni kembali adonan sampai kalis elastis.
5. Siapkan wadah yang sudah dioles minyak. Pindahkan adonan ke dalam wadah dan tutup dengan handuk dan simpan di tempat hangat (oven dengan suhu 50 der C dengan lampu menyala) selama 1 jam (atau sampai adonan mengembang dua kali lipat).
6. Kempiskan adonan dan bagi sesuai selera. Bulatkan dan beri lubang. Supaya donat mengembang sempurna, istirahatkan kembali selama 30 menit sebelum digoreng.
7. Goreng dalam minyak panas di atas api kecil. Gunakan sumpit untuk menggoreng supaya donat matang dengan rata. Angkat dan tiriskan.
8. Beri topping sesuai selera. Untuk topping saya menggunakan cokelat keping yang ditim bersama susu cair dan gula. Celupkan setengah permukaan donat ke dalam cokelat. Sajikan.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...