Monday, June 20, 2016

Jurnal Homeschool Bagian 20: Rumah Boneka dari Kardus



Assalamualaikum.

Gara-gara Ali O nonton yutup dan melihat rumah-rumahan Peppa Pig, jadilah dia mupeng. Rumah Peppa Pig itu berupa template dari karton kertas yang sudah jadi. Tinggal dilepas dan dipasang. Saya aja mupeng kok.

Tapi bukan berarti Ali O main boneka loh ya. No way. Tsah. Dia cuma suka rumahnya. Mainnya sih tetep aja ikan paus, sapi, kambing. Sekedar berimajinasi.

Karena dia jadi membayangkan rumah-rumahan itu, maka tiap hari hingga tengah malam pun yang keluar dari mulutnya, "Bu, bikinin rumah Peppa Pig." Hadeeeh. Gimana ceritanya coba??

Pas ada kardus nganggur bekas belanja, ya udah, mari membuat rumah-rumahan. Pasti ga mirip rumah Peppa Pig. Yang penting rumah deh, yaaa.

Membuat Rumah Boneka dari Kardus (Tanpa Boneka)

Bahan:
Kotak kardus
Kotak kemasan pasta gigi
Kotak kemasan makanan
Kertas karton
Kertas manila
Kertas krep
Lem
Gunting
Pensil
Cutter
*Ukuran kardus kotak kemasan bebas

Cara membuat:
1. Tutup bagian atas kotak kardus dengan selotip. Buat bukaan di bagian sisi yang besar dengan menggunting sisi atas, kanan, kiri. Sisi bawah dibiarkan sebagai teras rumah (lihat bagian berwarna hijau).

2. Jika suka, kerjakan bagian teras dulu. Saya hanya menempelkan kertas manila disitu supaya mudah.
3. Siapkan dua karton yang cukup keras untuk menutup kotak kardus bagian bawah dan membuat lantai dua. (Dalam gambar lantai-lantai saya lapis kertas krep putih. Bisa menggunakan kertas lain).

4. Buat lubang jendela di beberapa titik dengan bantuan cutter.
5. Buat tangga dari karton tebal yang dilipat-lipat.

6. Rumah sudah siap.
7. Tempat tidur. Gambar pola kotak persegi panjang tanpa bagian bawah. Jika dilipat, bawahnya bolong. Lebihkan untuk lem. Gunting, lipat dan satukan dengan lem. Beri stik es krim sebagai aksen sandaran tempat tidur.
8. Dapur. Ambil satu kotak kemasan pasta gigi. Tinggi kulkas adalah dua kali tinggi tempat tidur. Meja cuci piring adalah potongan tengah, dipasang melintang. Kompor adalah bagian bawah kotak pasta gigi. Ukuran sesuai selera. Bungkus dengan kertas hvs dan lukis dengan spidol.


9. Kamar mandi. Gunakan kotak bekas makanan. Buat bak mandi dan meja wastafel.


10. Buat juga tembok pemisah dapur dan kamar mandi yang juga berfungsi menahan lantai di atasnya supaya tidak merosot.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...