Monday, August 1, 2016

Bebek Goreng Cabe Hijau




Assalamualaikum.

Kayaknya wah banget kalo bisa makan bebek di Antep. Harganya mahal bener, bok! Makanya pas suami datang bawa bebek, mbok warteg langsung grogi. Jangan sampe salah masak. Sayaaang!

Hari itu pas hari puasa pula. Jadilah si bebek dimasak malam-malam buta pas si mbok ga bisa tidur. Lagi sedih, cuy. Stres. Halah.

Ternyata memasak dalam keadaan emosi tertekan itu malah membuahkan hasil yang memuaskan. Seperti hadiah setelah sedih, dapat masakan yang sedap. Jadi senang lagi deh. Hehehe.

Apalagi si bebek ini disantap pas waktu berbuka. Alhamdulillah, sedap benerrr. Btw, si pak suami beli bebek ini paroan sama temennya. Terus temennya sok jago gitu sih, bilang jangan masak sembarangan. Daging bebek itu keras. Harus masak pake presto. Ya ya ya, eykeh juga tau lah. Tapi walau tanpa panci presto, bebek eykeh tetep empuk kok. Dan yey tau si temen OT itu masak apa? Masak nasi campur bebek, alias bebeknya dimasak bareng nasi gitu. Suami bilang "nasi bebek". Lah, nasi bebek itu yang kita makan ini, sayangku. Hihihi. Udah pake panci presto, cuma dimasak campur nasi pula. Malu sama bebek atuh lah.

Okeh, resep mana resep?

Bebek Goreng Cabe Hijau

(adaptasi dari Sajian Sedap)
Bahan:
1/2 ekor bebek, potong serasi
1 sendok teh air jeruk nipis
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, dimemarkan
1 lembar daun salam
500 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 butir kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
1 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2 cm jahe (2 sdt jahe bubuk)
1 cm lengkuas (ga pake, ga punya)
1 sendok teh ketumbar

Bumbu Cabe Hijau:
Salça cabe hijau
2 tomat ukuran besar (pake yang merah)
2 siung bawang putih
100 ml minyak untuk menumis


Cara membuat:
1. Sebelumnya, cuci dulu bebek hingga bersih. Lumuri bebek dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
2. Masak bebek di dalam air bersama daun jeruk, serai, daun salam, dan bumbu halus sampai matang dan meresap. Setelah ini, bebek bisa disimpan dan digoreng jika ingin disantap.
3. Goreng bebek dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kuning keemasan.
4. Panaskan minyak. Tumis bumbu cabai hijau: tomat, salça dan bawang putih yang sudah dihaluskan, sampai harum. Masukkan bebek. Aduk rata.
5. Aduk sampai bebek terbalut bumbu.
6. Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...