Wednesday, May 10, 2017

Jurnal Homeschool Bagian 35: Membuat Tiruan Lukisan Kandinsky dari Karton Warna



Assalamualaikum.

Sore-sore ibu nemenin belajar setelah tumben banget si Ali ngajak belajar. Karena dari kemaren tegangan tinggi terus, biar santai, kali ini kita "belajar" membuat tiruan lukisan Kandinsky yang aslinya berjudul Color Study: Squares with Concentric  Circles, 1913, by Wassily Kandinsky. Namanya juga tiruan, bikinnya disederhanakan, cuma 9 kotak (dari 12) dan pakai karton warna-warni. Selain karton bisa juga dengan model mewarnai atau menggunakan kain flanel. Silakan dipilih yang mana yang mudah. Yang pasti si Ali menikmati belajar kali ini. "Aku yang jadi pemenangnya," katanya, karena ia bisa lebih cepat mengerjakan tiruan lukisannya dibanding Azra. 😉😉

Bahan yang diperlukan untuk membuat tiruan lukisan Kandinsky ini:
12 karton warna berbentuk segi empat (9 juga boleh)
12 karton warna berbentuk lingkaran besar
12 karton warna berbentuk lingkaran sedang
12 karton warna berbentuk lingkaran kecil
Lem, buat dari 1 sdt cornstarch dan 5 sdt air, masak hingga kental
Kertas hvs untuk alas




Cara membuat:
1. Berikan karton warna pada anak dan minta mereka menyusun warnanya sesuai pola lukisan. Padu-padan warnanya bebas sesuai kreatifitas anak.




2. Jika sudah disusun, mereka bisa menempelkannya hingga tersusun seperti pola lukisan. Lakukan hingga semua karton warna terpakai.
3. Siapkan kertas hvs dan susun karton warna di atasnya. Tempelkan lagi. Setelah itu, ibu bisa merapikan pinggiran kertas hvs dan memasang "lukisan" ini di tempat yang diinginkan. Saya menempelkannya di kanvas dan memajangnya di foyer apartemen kami.

Selamat berkarya. 😊
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...