Wednesday, June 21, 2017

Menjahit Tas Serut Patchwork Mini




Assalamualaikum.

Pernah pada satu masa, saya iseng ngubek-ngubek google dan menemukan situs cakep berisi tutorial membuat tas serut patchwork mini. Mini adalah kata kunci karena untuk penjahit pemula, yang mini-mini itu membantu proses kerja menjadi lebih cepat. 😉

Waktu itu, saya merasa tertantang membuat tas serut ini. Sekedar coba-coba. Siapa tau besok, saya perlu membuat lagi. Hasilnya, tas serut imut yang bisa dipakai untuk menyimpan koin-koin atau printilan lainnya. Lumayan lah buat pemula. Tas ini dibuat dengan jahit tangan dan butuh waktu seharian untuk menyelesaikannya. Jadi, kalo kepala lagi penuh, tangan lagi gatel, stok drakor habis, boleh lah dicoba. 😄

Tas Serut Patchwork Mini

(adaptasi dari myaleri)
Bahan:
Kain, saya pakai kain bekas yang ada
Jarum jahit
Benang
Tali kasur

Cara membuat:
1. Siapkan potongan kain ukuran 5x5cm, sebanyak 18 lembar (untuk dua sisi).


2. Satukan potongan kain tersebut dengan cara menjahit sisi-sisinya. Jika suka, gunting melengkung dua sudut kain. Sisihkan.


3. Siapkan dua lembar kain yang lain (ukurannya sama dengan ukuran kain yang tadi sudah disatukan) sebagai pelapis tas bagian dalam. Gunting melengkung dua sudutnya (lihat lingkaran biru). Siapkan pula dua lembar kain untuk jalan tali, ukuran 12x5 cm (2 lembar), lipat 1 cm supaya rapi (lihat tanda panah merah) 


4. Pasang kain untuk jalan tali di tengah kain, lipat dua dan jahit. Lakukan untuk sisi satunya juga. (Gambar kiri). Balikkan kain dan jahit sekelilingnya kecuali bagian yang dilingkari.


5. Balikkan kain yang tadi selesai dijahit (gambar 1). Jahit pula kain pelapis bagian dalam (gambar 2). Masukkan kain luar ke dalam kain pelapis (gambar kanan atas). Satukan kedua kain itu dengan menjahit bagian mulut tas (atas). Tarik keluar kain luar dari bagian kain pelapis yang tadi tidak dijahit (lingkaran hitam).


6. Gambar kiri: kain luar sudah ditarik keluar dari lubang bawah kain pelapis dalam. Gambar kanan: jahit lubang tadi supaya rapi (bagian garis putus-putus)


7. Masukkan kain pelapis ke dalam tas.Sekarang saatnya memasang tali kasur.


8.  Masukkan tali kasur dari sisi kiri kain hingga ke sisi kanan, tarik dan masukkan lagi ke kain satunya, tarik hingga keluar dan bertemu kedua ujung tali kasur, ikat. Lakukan juga untuk arah berlawanan, dari kanan ke kiri. Cobalah menarik kedua ujung tali, jika bisa tertutup, berarti tugas kita sudah selesai.


9. Tas serut patchwork mini sudah siap. Bisa dipakai atau diberikan sebagai hadiah. Sebagai tas hantaran hari raya pun terlihat cantik, tinggal sesuaikan ukurannya saja.


Selamat mencoba!



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...