Friday, June 23, 2017

NGAJI di WARTEG: Tips Persiapan Jelang Safar (Mudik)



Assalamualaikum.

Perjalanan Safar di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi pada hari besar keagamaan, terutama menjelang lebaran yaitu mudik menuju kampung halaman. Mari jadikan mudik kita sebagai perjalanan yang betul-betul mendapat naungan rahmat Allah Ta'ala dengan tetap mendirikan ibadah.

Sebelum Anda memulai perjalanan mudik, berikut ini ada beberapa tips mudik :

  • Periksalah kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat, pastikan sudah melakukan service dan yang paling utama mengganti oli.
  • Pastikan kondisi kesehatan Anda siap dalam keadaan bugar, sebelum memulai berkendara lakukan dulu olahraga kecil untuk meregangkan otot-otot.
  • Berhenti pada saat memasuki waktu shalat dan istirahat sejenak, jika terjadi macet panjang usahakan setiap 2-3 jam itu berhenti atau istirahat agar otot tangan dan kaki tidak kaku.
  • Jika melakukan perjalanan jauh jangan paksakan diri untuk berkendara sendiri, bawa pengganti yang bisa membantu Anda membawa kendaraan.
  • Pastikan bahan bakar terisi penuh dan cek rute perjalanan untuk mengetahui pom bensin terdekat jika kendaraan mulai kehabisan bahan bakar langsung isi kembali.
  • Jika sudah mulai terasa kelelahan dan mengantuk segera cari tempat peristirahatan untuk memulihkan kembali stamina.
  • Jangan lupa bawa kotak P3K dan pastikan kelengkapannya.

Tak lupa hendaknya musafir memperbanyak do’a ketika dalam perjalanan karena do’a seorang musafir adalah salah satu do’a yang mustajab (terkabulkan).

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَالْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

“Tiga do’a yang tidak diragukan lagi terkabulnya yaitu do’a seorang musafir, do’a orang yang terzholimi, dan do’a orang tua kepada anaknya.”

Semoga tips mudik ini bermanfaat untuk Anda dan sekeluarga khususnya untuk yang melakukan perjalanan safar. Selalu HATI-HATI dan WASPADA ya. Selalu baca Do'a dan dzikir kepada Allah selama dalam perjalanan. Jangan lupa sedekah via sedekahonline.com

Wassalamu‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh,
_________________________________________
Yuk dukung Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an
BCA 603 030 8041
Mandiri 128 000 509 2975
Syariah Mandiri 074 006 5000
CIMB Niaga Syariah 520 01 00342 004
a.n Yayasan Daarul Qur'an Nusantara
Konfirmasi sedekah klik s.id/daqu

(Jangan lupa unduh aplikasi Android Sedekah Online PPPA Daarul Qur'an dengan klik disini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...