Friday, June 2, 2017

NGAJI di WARTEG: Puasalah Agar Kamu Bertakwa




Assalamualaikum.

Alhamdulillah sudah seminggu Ramadan kita lalui. Semoga masih semangat berlomba-lomba dalam kebaikan.

Puasa, sejatinya, adalah sebuah perintah Allah Ta'ala yang disebut dalam Quran.

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Al-Baqarah: 183)

Maka kaum mukminin berpuasa agar mencapai derajat takwa kepada Allah Ta'ala.

Apa itu takwa?
Ibnu Taimiyah rahimahullah memberikan kita penjelasan menarik mengenai pengertian takwa. Beliau rahimahullah berkata,


“Takwa adalah seseorang beramal ketaatan pada Allah atas cahaya (petunjuk) dari Allah karena mengharap rahmat-Nya dan ia meninggalkan maksiat karena cahaya (petunjuk) dari Allah karena takut akan siksa-Nya. Tidaklah seseorang dikatakan mendekatkan diri pada Allah selain dengan menjalankan kewajiban yang Allah tetapkan dan menunaikan hal-hal yang sunnah. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

“Tidaklah seorang hamba mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Aku cintai. Dan hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku mencintainya.” Inilah hadits shahih yang disebut dengan hadits qudsi diriwayatkan oleh Imam Bukhari.” (Al Majmu’ Al Fatawa, 10: 433) (dari Rumaysho)

Dan balasan bagi mereka yang bertakwa kepada Allah Ta'ala adalah

... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.
... Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.
... barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya. (At-Talaq:2--5)

Maka, jika kita ingin tahu sejauh mana kadar puasa Ramadan kita, periksalah diri kita sendiri, apakah kita sudah mendapatkan balasan seperti yang tersebut di surat At-Talaq? Jangan-jangan, puasa kita belum lagi mencapai derajat takwa. Karenanya, mari perbaiki kualitas Ramadan kita agar kelak mencapai derajat takwa seperti tersebut dalam surat Al-Baqarah:183. Sederhanakan aktifitas dunia; fokuskan diri untuk beribadah maksimal selama sebulan penuh. Semoga Allah Ta'ala mudahkan usaha kita untuk mencapai ketakwaan kepadaNya dan meraih keridhoanNya. Aamiin.

Dikutip dari tausiyah ustad Yusuf Mansur.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...