Monday, June 5, 2017

Ravioli Bayam Keju dan Kuah Kaldu




Assalamualaikum.

Dah lama pengen coba bikin ravioli, dumpling a la Italia. Di Turki, ada mantı yang mirip ravioli. Biasanya disajikan bersama saus yogurt atau salça. Saya jelas ga doyan hehe.

Resep ravioli ini saya ambil dari situs MKR pas emang salah satu kontestannya masak ravioli isi bayam dan keju yang disajikan dengan saus mentega. Tapi, saya ganti saus mentega dengan kuah kaldu. Saya pikir dengan kuah kaldu, rasa mblenger dari keju bisa diredam. Plus bisa disambelin pula, kaaan?

Ravioli Bayam Keju dan Kuah Kaldu
(adaptasi dari My Kitchen Rules)
Bahan:
Kuah Kaldu
Tulang ayam secukupnya
2 batang daun seledri, potong
3 siung bawang merah, potong
10 siung bawang putih, geprek
1 wortel, potong
1 ruas jahe, geprek
Garam secukupnya
2-3 liter air

Ravioli
150 g terigu serbaguna
2 telor
Garam secukupnya

Isi
125 g bayam
2 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, geprek
Minyak sayur buat menumis
Garam
Merica
70 g keju cheddar, potong kecil-kecil

Cara membuat:
1. Untuk kaldu, masukkan semua bahan dan masak hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan kuah berkurang sedikit. Jangan lupa dikoreksi rasanya.
2. Untuk ravioli, aduk terigu dan garam, masukkan telor. Aduk dan uleni hingga tidak lengket di tangan. Istirahatkan dalam wadah tertutup kain.





3. Sementara, buat adonan isi. Tumis bawang-bawang hingga harum. Masukkan bayam. Masak hingga layu. Matikan api. Beri garam dan merica. Masukkan keju potong. Haluskan dengan bantuan food processor atau blender atau chopper. Jangan lupa dikoreksi rasanya.





4. Ambil adonan ravioli, uleni sebentar, potong menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian. Gilas hingga tipis. Beri adonan isi (1 sdt), tutup dengan lembaran adonan yang sudah digilas tipis. Tekan keliling bagian yang ada isinya. Cetak dengan mulut gelas. Letakkan ravioli di atas kain supaya tidak lengket.





5. Didihkan air untuk merebus ravioli. Masukkan ravioli satu per satu, jangan sekaligus direbus. Kalau sudah naik, angkat dan tiriskan. Jangan menumpuk ravioli yang sudah matang karena akan menempel. Jika ingin disimpan, lumuri ravioli dengan minyak dan simpan dalam wadah tertutup di lemari es.
6. Tempatkan ravioli di mangkuk, beri kuah, taburi daun bawang. Sajikan.
Catatan:
Untuk sekitar 21 buah ravioli.
Ravioli yang disimpan di lemari es bisa direbus sebentar dalam air mendidih sebelum disajikan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...