Wednesday, August 9, 2017

Kering Kentang Manis Pedas



Assalamualaikum.

Jelang Ramadan kemarin, saya dapet ide bikin kering kentang pedas manis seperti yang biasa saya bawa sekembali dari tanah air. Entah dapet ide dari mana. Kurang kerjaan yang pasti mah. Dan sempet gosong pula. Haha, maklum kelas masaknya belum naik-naik. Tapi, jangan menyerah, coba lagi, dan alhamdulillah berhasil juga. Kamu pasti bisa, asal minum Milo setiap hari. Jadul amat, iklannya, buuu. 😊

Ternyata, anak-anak suka walau pedasnya lumayan bikin seuhah. Bapaknya ikut comot-comot, "Aku juga mau." Walau pedas, tetep dicemil. Alhamdulillah. Tertarik membuat kering kentang sendiri? Siapkan mental dan kaki, plus jangan lupa minta pijit nanti, yaaa. 😉

Kering Kentang Manis Pedas

Bahan:
1 kg kentang (saya pakai kentang yıkanmış (untuk Turki dsk) lebih dari 1 kg)
Minyak untuk menggoreng
2 buah bawang merah besar
6 siung bawang putih
1 cabe besar pedas (sesuai selera)
1 sdt garam
50 ml air
Gula pasir secukupnya
5 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara membuat:
1. Kupas kentang dan iris setipis mungkin. Rendam dalam air garam kurang lebih 1 jam. Buang air rendamannya, cuci kentang dan bilas hingga airnya bening. Gunanya supaya kentang tidak menggumpal saat digoreng. 
2. Siapkan minyak panas di wajan (saya pakai panci anti-lengket yang berukuran besar), ambil segenggam kentang, tiriskan sebentar dan goreng hingga kering. Jangan terlalu banyak memasukkan kentang supaya kentang bisa kering merata. Proses ini memakan waktu cukup lama.
3. Angkat kentang yang sudah matang dan kering, tiriskan. 
4. Haluskan bawang-bawang dan cabe.
5. Panaskan minyak dalam wajan besar yang bisa menampung sekilo kentang goreng.
6. Tumis bawang yang sudah dihaluskan hingga harum dan mulai mengering.
7. Masukkan air dan garam, aduk rata, tunggu hingga air berkurang.
8. Tambahkan gula pasir, satu sendok makan, aduk rata. Jangan lupa kecilkan api (gunakan api yang paling kecil). Masukkan lagi gula pasir, berulang-ulang hingga sesuai rasa manis yang diinginkan (saya pakai kurang lebih 10 sdm). Masak hingga bumbu mengental (jangan sampai gosong).
9. Matikan api. Masukkan kentang goreng yang sudah dingin, aduk rata hingga bumbu tercampur.
10. Simpan kentang dalam wadah kedap udara.

Catatan:
Jika bumbu terlihat terlalu sedikit, jangan kuatir. Insya Allah ketika dicampur, semua kentang akan terbumbui sempurna. Bumbu yang terlalu banyak malah akan membuat kentang basah dan ketika disimpan, tidak renyah lagi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...