Thursday, July 25, 2024

Senjata Melawan Flu di Akhir Minggu



Assalamualaikum. 

Anak perempuan tiba-tiba sakit tenggorokan dan hidungnya mampet. Ga bisa tidur semalaman. Aku jadi ikutan ga tidur juga. Alhasil, aku langsung drop. 

Anak perempuan kena flu. Anak laki kelihatan sehat padahal ingusan juga. Aku juga kena. 

Hari sabtu, lemes. Pulang lebih awal biar tidur siang malah sakit tenggorokan. Minggunya, hidung tersumbat. Ottoke. Ga bisa sakit lama-lama karena aku tetap harus masuk kerja. 

Jadi? 

Aku beli telor buat direbus. Kalo lagi flu, aku nyetok telor rebus karena lebih aman di tenggorokan. Dan protein bisa membantu tubuh memerangi infeksi. 

Bikin sup ayam. Atau sup daging. Bumbunya cuma bawang putih, garam, merica, daun bawang. Minum airnya. Satu-satunya comfort food yang bisa diandalkan kalo sakit. Kalo anak ga mau makan, ga usah dipaksa. Selama sakit, kami ga ada yang makan nasi karena ga ketelen 🤭 

Iris bawang, taro di kamar dan ganti tiap hari. Irisan bawang bisa membantu menyerap bakteri di udara jadi mengurangi polusi. 

Beli vitamin D, pake yang merek ipi aja, dan vitamin C (aku pake ester-c). Ini diminum pagi abis sarapan dan sebelum tidur, kecuali vit D yang cuma boleh sehari satu. 

Beli jeruk, ini juga comfort food biar tenggorokan ga kering dan perih. Beli lemon juga buat diminum bareng madu. 

Beli bumbu dapur, asam jawa dan gula merah. Rebus semuanya dan diminum, terutama kalo mulai batuk. 

Beli obat. Ini cuma diminum malam hari untuk mengurangi rasa sakit. Obat ga bisa dikonsumsi bareng jahe karena efeknya akan berkurang. Jadi, perhatikan cara makannya ya. 

Tambahan, pake peppermint oil kalo hidung mulai mampet. Gosokkan di punggung dan dada serta leher. Kadang aku oleskan di dalam kuping pake cotton bud untuk mengurangi gatal. 

Dan berjemur. Sinar matahari itu membantu membunuh kuman dan virus serta menaikkan kadar hormon serotonin biar moodnya cakep lagi. 

Postingan ini ditulis Selasa pagi. Obat pabrik cuma diminum sabtu dan minggu malam. Selebihnya pake yang alami aja. Alhamdulillah, masih ingusan tapi udah kerja dan bisa beraktivitas lagi. 

Yang pasti, anak-anak dilarang keluar rumah. Mereka ga boleh jajan, ga makan gorengan, ga minum dingin. Jangan lupa juga, banyak-banyak berdoa dan mohon ampun kepada Allah SWT. 

Sakit itu ga enak. Makanya pas lagi sehat, ingatlah untuk melakukan investasi yang tepat: minum jamu (jahe kunyit madu tiap hari), konsumsi buah dan sayur teratur, berjemur, tidur cukup. Ga gampang tapi kalo modalnya bener, InsyaAllah kalo harus sakit, ga terlalu parah sakitnya. 

Ini PRnya buat si anak perempuan karena seperti biasa, dia duluan yang sakit dan menularkan penyakitnya ke orang lain. Sementara aku, karena emang kurang tidur belakangan ini, jadi gampang banget ketularan. Begitulah ceritanya. 

Untuk semua yang lagi sakit, semoga cepat sembuh dan ga sakit-sakit lagi yaa.. 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...