Thursday, August 8, 2024

Söğürme (Antep Usulü) - Tumis Terong Antep

 

Terongnya ngumpet

Assalamualaikum. 

Lagi keingetan makanan Antep yang pertama kali dikenalin sama nenek si kembar. Makanan ini terbuat dari terong ungu yang mudah ditemui di Antep. Keknya mayoritas makanan Antep tu terbuat dari terong deh. Kalo ga pake terong, mereka bakal tantrum kurasa. Dan aku ga suka terong, makin tantrum lah mereka melihat kenyataan itu, kan. 

Yang aku inget, makanan ini mudah dibuat dan cepet. Jadi kalo nenek si kembar harus kasih makan perempuan kota ini, si terong ini bisa jadi pilihan karena ternyata lumayan enak sih cuma beliau masaknya rada benyek gitu. Jadi, kurang appetising (halah). Lihat resep nefis ini. 

Jadi, aku cobalah bikin makanan ini buat lauk makan siang kami. Pas tukang sayur bawalah bahan-bahannya, kan. Ternyata, enak juga. Terongnya dipanggang dulu tapi jangan sampe lunak banget biar ada teksturnya gitu. Tapi ini aku cuma bikin dari 2 terong jadi cuma sedikit banget hasilnya yaa.. Langsung habis deh. 

Tumis Terong ala Antep
Bahan:
2 terong ungu
4 bawang merah, cincang
3 bawang putih, cincang
5 cabe merah, iris
1 tomat, cincang
Minyak kelapa
Garam



Cara membuat:
1. Belah terong jadi dua dan panggang hingga lunak, sesuai selera lah lunaknya ya. Dinginkan dulu dan ambil dagingnya, buang kulitnya. Bisa juga dicincang lagi dagingnya biar halus. 
2. Panaskan minyak, tumis bawang dan cabe merah hingga harum. 
3. Masukkan tomat dan terong, aduk rata. 
4. Beri garam, aduk rata dan koreksi rasanya. 
5. Matikan api jika sudah matang. 
6. Sajikan. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...