Wednesday, August 8, 2012

Biji Salak Kentang

Puasa baru jalan beberapa hari, saya udah kangen aroma gula merah dan santan menguar di udara. Bau-bauan kayak gitu pan cuma ada di rumah di Jakarta. Kalau bau-bauan itu sampai ada disini, itu berarti saya berhalusinasi hehe.

Tapi, karena udah kangen berat sama aroma begituan, saya bela-belain bikin kolak biji salak buat buka puasa. Dapet resepnya dari tkjlover, aslinya pake ubi. Pas
masih punya gula merah hasil mudik tempo hari. Cuma masalahnya, disini ga ada ubi atau singkong. Akhirnya, diganti kentang ajah. Yuk, mari kita nyemplung ke dapur.

Biji Salak Kentang
Bahan:
600 g kentang, kupas, kukus, haluskan
100 g tepung kanji (saya pake corn starch)
1 sdt garam
1/2 sdt vanila bubuk
1 sdt bubuk coklat (sengaja pengen ada dua warna, warna kentang dan warna coklat)

Kuah:
100 g gula merah, iris halus
100 g gula pasir
1500 ml air
1/2 sdt garam
2 sdm tepung maizena untuk mengentalkan kuah
3 cm kayu manis

Cara membuat:
1. Campur semua bahan, aduk rata. Bentuk bulatan. Rebus dalam air mendidih. Angkat jika sudah terapung, tiriskan.
2. Didihkan air dan masak gula dan bahan lainnya. Aduk rata.
3. Jika sudah mendidih, masukkan biji salak.
4. Kentalkan dengan tepung maizena.
5. Angkat dan sajikan.



1 comment:

  1. kok sama ya idenya dengan saya..
    sy buat kolak biji salak dengam kentang juga
    dan buat kecap manis dengan kecap asin dan gula passir direbus
    alhasil bisa buat semur daging ayam
    dan semur terong..serasa di indonesia rasanya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...