Thursday, October 25, 2012

Gulai Ikan

Allahu akbar. Allahu akbar. Allahu akbar.
La illaha ilallahu allahu akbar.
Allahu akbar walillahilhamd.

Alhamdulillah tahun ini saya dapat berlebaran di Gaziantep (lagi). Ga sedih. Ga seneng juga. Biasa aja. Cuma emang lebih sip kalo lebaran di kampung halaman
dengan segala suasana suka cita. Liat kambing atau sapi kurban aja kita demen banget. Kita? Saya kali yak.

Disini lebaran, İdul Fitri atau İdul Adha, sama aja. Ga ada takbiran. Ga ada mudik, ada sih tapi mereka cuma saling berkunjung aja di hari raya. Apalagi İdul Adha kali ini pas musim dingin. Hadeh. Keluar aja males ye, mending selimutan di dapur di depan oven yang nyala :D Alhamdulillah, hari raya, Gaziantep diguyur hujan es dan kena mati listrik sampe sore. Mana bisa menghangatkan diri di depan oven.

Eniweh, untuk İdul Adha tahun ini saya bikin lontong (kan udah tau caranya jadi bikin aja terus ye) dan gulai ikan. Tadinya mau bikin lontong sayur tapi saya lupa beli buncis. Ya udah, yang ada aja. Lontong dan gulai ikan, lumayan kan daripada tahun lalu saya cuma bikin sop kentang doang hehehe.

Gulai ikannya melihat resep Gulai Ikan Aceh disini dan sini. Cuma gulai ikan saya ga pake daun kari dan santan. Pokonya bahan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi aja dah. Jadilah Gulai Ikan Aceh eh Gaziantep. Mau coba juga? Baca terus yaaa.

Gulai Ikan
Bahan:
1 ekor ikan tongkol atau tuna (atau jenis ikan yang tidak mudah hancur kalau direbus lama) potong serasi
1 sdt air jeruk lemon
3 lembar daun salam
Daun reyhan secukupnya cincang kasar (untuk menambah aroma)
Minyak untuk menumis
400 ml air
Garam
Gula
Bumbu yang dihaluskan:
2 sdm cabe bubuk
1 butir bawang bombay
2 siung bawang putih
1 sdt jahe
1 sdt saffron (pengganti kunyit)
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica (saya pake yang hitam)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan daun salam hingga harum.
2. Masukkan ikan dan beri air.
3. Beri garam (beri gula jika terlalu asin).
4. Masak dengan api sedang sampai matang dan bumbu meresap (saya pakai api kecil).
5. Beri air jeruk dan daun reyhan.
6. Hidangkan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...