Thursday, November 1, 2012

Chocolate Yogurt Cake

"I want to eat a cake and drink tea."
İtu pengumuman atau permintaan yak?

Seperti biasa, kalo kang warteg lagi kesel karena ada yang males-malesan ngadepin makanan, suka langsung moody. Ga tau apa kalo orang Ethiopia pada kelaperan? Koq si dia malah males makan. Bikin kesel aja.

Untuk mengobati kekesalan, kang warteg cari resep baru buat dicoba
sekalian usaha menghabiskan yogurt buatan bumer. Bumerku itu memang tiada dua deh. Dia bikin yogurt sebaskom gede buat daku sekeluarga cuma dengan satu kalimat embel-embel, "anakku senang sekali minum ayran*." Ciyuss, miapah, cyiin? Terus eykeh kudu koprol sambil bilang WOW gitu? Padahal si anak tercinta itu selalu minta ayran dari emaknya BUKAN dari istrinya. Dan si yogurt itu kalo kelamaan disimpen, selain jadi makin asem, dia juga jadi keras. Bisa aja sih kang warteg bikin frozen yogurt yang banyak gitu. Tapi kan ini musim dingin, sape yang mau makan froyo di suhu yang bikin orang pengen selimutan mulu?

Akhirnya, dengan ijin Alloh jualah, saya berhasil menyelesaikan skripsi, (loh?) maksud saya, menemukan resep yang pas dalam rangka menghabiskan yogurt. Padahal awalnya saya cari resep bikin hot chocolate, ketemunya dark chocolate yogurt cake. Ya ga apa-apa deh. Yang penting itu yogurt bisa pelan-pelan dihabisi.

*ayran adalah minuman khas Turki berupa yogurt dicampur air, kadang diberi sedikit garam. Rasanya mirip susu basi. Tapi kalo Anda doyan, ya baguslah :)

Chocolate Yogurt Cake
(karena kurang gelap, nama dark-nya dihilangkan)
Bahan:
1 cup terigu serbaguna
1/2 cup coklat bubuk (ga sampe 1/2 cup)
2 sdt baking powder
1 cup gula (ga sampe 1 cup, kira-kira 3/4)
1 sdt kopi bubuk
1 cup yogurt
3 buah telor, kocok lepas
1/2 cup minyak zaitun

Cara membuat:
1. Campur bahan kering, ayak.
2. Tambahkan yogurt, telor dan minyak zaitun. Aduk rata.
3. Panaskan oven suhu 180 der C.
4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan tepung maizena (saya pakai loyang kue biasa ukuran agak besar. Bisa juga pake loyang loaf).
5. Panggang selama 50 menit (tes dengan tusuk sate).





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...