Friday, December 7, 2012

Roti Isi Coklat (2)

Percobaan kedua membuat roti. Kali ini saya kesengsem sama resep roti isi kacang merah punya Aeri dari aeriskitchen. Cuma, saya lagi ga punya kacang merah jadi isinya diganti aja sama coklat keping. Dan namanya pun harus ganti, bukan roti isi kacang merah lagi. Tapi, roti isi coklat. Eeaaa! Karena saya coba dengan setengah resep, hasilnya cuma 10 potong dan langsung habis seketika. Alhamdulillah. Kali ini bumer ga bilang güzel tapi dia naksir sama bentuknya yang cantik hehehe.

Kalo kesengsem juga langsung aja ke dapur Aeri yak, ada videonya juga kok.

Roti İsi Coklat
(adaptasi dari aeriskitchen, setengah resep)
Bahan:
1 1/2 + 1/4 cup terigu
80 ml air hangat
80 ml susu hangat
1/8 cup gula (saya pakai gula halus)
2 sdm minyak sayur
1 sdt ragi
1/2 + 1/4 sdt garam

Isi:
Coklat keping  (atau keju atau pasta kacang merah)

Olesan:
Susu atau kuning telor atau mentega cair

Hiasan:
Wijen atau coklat beras

Cara membuat:
1. Siapkan terigu di dalam wadah yang cukup besar. Buat 3 lubang.
2. İsi lubang dengan ragi, garam dan gula. Tutup.
3. Beri air dan susu, aduk rata.
4. Jika sudah menyatu, buat lubang kembali dan isi dengan minyak sayur, aduk rata.
5. Uleni sampai kalis elastis (seperti mencuci pakaian), selama 30 menit.
6. Tutup dengan handuk atau cling wrap, simpan di oven suhu 50 der C dengan lampu menyala selama 40 menit.
7. Kempiskan, bagi menjadi beberapa bulatan (saya bagi 10).
8. Ratakan dan isi dengan coklat keping. Tutup, tekan sampai melebar (saya kurang menekan hingga lebar sehingga ketika dipanggang, roti naik ke atas).
9. Sayat sisi-sisinya dengan pisau atau gunting (8 sayat).
10. Tata di loyang dan biarkan 15 menit.
11. Olesi dengan kuning telor (tidak dioles juga bisa) dan beri hiasan.
12. Panggang selama 20 menit dengan suhu 180 der C.




2 comments:

  1. cantik ya bentuknya...

    saya ga telaten bikin bentuknya hehehe... (maksudnya males hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... :)
      udah dibulet2 aja. yang penting enak dan bisa dimakan hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...