Friday, June 14, 2013

NGAJI di WARTEG: Keistimewaan Nama Islam (Kultwit oleh @malakmalakmal)

Sekali-kali saya mau berbagi kultwit ah. Yang ini kultwit yang insya Alloh bermanfaat. Dikutip dari Islamedia. Aslinya bisa juga dilihat di chirpstory. Selamat berkultwit.



01. Kali ini saya akan kultwit soal #Islam. Bukan soal #Islam scr keseluruhan, tentunya, tp ttg nama “#Islam” itu sendiri.
02. Ada yg menarik dr penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62 dlm Tafsir Al-Azhar yg beliau tulis. #Islam

03. Penjelasan mengenai hal ini sy ungkapkan panjang lebar dlm buku saya #BuyaHamka. #Islam http://t.co/tbms7P2E1Q

04. QS. 2:62 adalah salah satu ayat yg sering dimanfaatkan o/ kaum liberalis utk membenarkan pluralisme agama. #Islam

05. Ayat ini punya ‘kembaran’, yaitu QS. 5:69 yg redaksinya sangat mirip. #Islam

06. Dlm ayat tsb, dinyatakan bhw ada empat gol yg bs mendapatkan pahala dr Allah. #Islam

07. Keempat gol tsb adalah: org2 yg beriman, Yahudi, Nashrani dan Shabi’in. #Islam

08.Persyaratannya, mereka harus beriman kpd Allah dan Hari Akhir, jg beramal saleh. #Islam

09. Dgn berbekal ayat ini, kaum liberalis menyatakan bhw Non-Muslim pun bisa masuk surga. #Islam

10. Di buku #BuyaHamka, saya jelaskan jg bgmn bbrp pihak memanipulasi penjelasan beliau ttg ayat ini. #Islam http://t.co/2M3cLt5scX

11. Pertanyaan utamanya, tentu saja: mengapa empat golongan itu? Mengapa bukan hanya #Islam?

12. Dlm menelaah ayat ini, biasanya kelompok liberalis sekonyong2 mjd literalis. #Islam

13. Padahal, #mereka selalu mengedepankan kontekstualisme. Tp kalau ayatnya spt ini, #mereka maunya literalis. #Islam

14. Kelompok pertama adalah orang2 beriman. Lazim dipahami, maksudnya adalah org2 yg beragama #Islam.

15. Kelompok keempat (sy sengaja dahulukan) adalah Shabi’in. #Islam

16. Menurut Hamka, nama “Shabi’in” ini diberikan pd banyak kelompok. Maknanya adalah “murtad dr agama asalnya”. #Islam

17. Rasulullah saw jg pernah disebut sbg bagian dr kelompok ini, sbb beliau dianggap keluar dr agama nenek moyangnya. #Islam

18. Kelompok kedua dan ketiga tentunya yg paling menarik, yaitu Yahudi dan Nashrani. #Islam

19. Apa itu agama Yahudi? Apa itu agama Nashrani? Mengapa keduanya disebut di ayat ini? #Islam

20. Buya Hamka menguraikan penjelasannya dgn memulai dari asal-muasal kedua nama tsb. #Islam

21. “Yahudi”, menurut beliau, terambil dr nama salah satu anak Nabi Ya’qub as, yaitu Yehuda. #Islam

22. Dgn sendirinya, “Yahudi” adalah semacam nama “agama-bangsa” atau “agama-keluarga”. #Islam

23. Artinya, nama ini memang mengandung ‘risiko’ memunculkan kerancuan antara agama dan garis keturunan. #Islam

24. Di Barat, sampai skrg masih terjadi kerancuan mengenai Yahudi. #Islam

25. Di Barat yg sekuler, pernikahan antaragama mmg biasa. Org Barat sdh byk yg tdk taat agama, jadi tdk peduli. #Islam

26. Banyak org Yahudi yg menikah dgn umat lain, krn mrk mmg tdk peduli lg masalah2 spt ini. #Islam

27. Anggaplah seorg Yahudi menikahi seorg Kristen. Anaknya disebut Jewish atau Christian? #Islam

28. Bisa jadi kedua orang tuanya pd akhirnya tdk mengajarkan anaknya utk mengidentifikasi diri dgn salah 1 agama. #Islam

29. Akan tetapi, di Barat sering kita dengar istilah “Half-Jewish”. #Islam

30. Agama kok bisa “half”? Agama macam apa ini? Ya, itulah kerancuannya. Sebab Yahudi adalah identitas kesukuan jg. #Islam

31. Org Minang nikah dgn org Sunda, anaknya ya setengah Minang atau setengah Sunda. Tp agama? #Islam

32. Kembali pd nama “Yahudi”, kita simpulkan bhw nama ini adalah nama “agama-keluarga”. #Islam

33. Bgmn dgn nama “Nashrani”? Dr mana sumbernya? #Islam

34. Menurut Hamka, nama “Nashrani” terambil dr nama kampung halaman Nabi ‘Isa as, yaitu Nashirah (Nazareth). #Islam

35. Krn tdk punya nama, maka digunakanlah nama wilayah asalnya sbg nama agama. #Islam

36. Maka, “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. #Islam

37. Hal menarik yg perlu dicatat di sini adalah bhw “Nashrani” bukan satu2nya nama mereka. #Islam

38. Nama lainnya, sbgmn yg kita ketahui, adalah “Kristen”. Dlm bhs Inggrisnya: “Christian”. #Islam

39. Dlm Kitab Perjanjian Baru, rujukan pertama dr nama “Kristen” adalah Kisah Para Rasul 11:26. #Islam

40. Mnrt referensi tsb, di Antiochia-lah pertama kalinya mereka disebut sbg umat Kristen. #Islam

41. Referensi2 lain menjelaskan bhw “Christian” bermakna “follower of Christ”. #Islam

42. Akan halnya nama “Nashrani”, agaknya tdk ada kesepakatan. Tdk semua umat Kristiani mengetahui nama ini. #Islam

43. Org2 Kristen di Barat, misalnya, banyak yg tdk tahu nama “Nashrani”. Mrk tdk terbiasa dgn nama itu. #Islam

44. Hal ini menimbulkan kesan bhw nama “Nashrani” adalah pemberian org lain. #Islam

45. Maka, nama “Nashrani” dan “Kristen” ternyata sama2 tdk berasal dr Yesus atau Nabi ‘Isa as. #Islam

46. Kembali pd nama “Yahudi”. Krn ini adalah nama “agama-keluarga”, maka terbukalah sebuah kemungkinan. #Islam

47. Karena semua keturunan Yahudi ttp saja akan disebut Yahudi, maka bs jadi ada ‘Yahudi yg beriman’. #Islam

48. Demikian jg “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. Terbuka pula kemungkinan serupa. #Islam

49. Krn yg agamanya berasal dr Nashirah disebut org2 Nashrani, maka bs jadi ada pula ‘Nashrani yg beriman’. #Islam

50. Akan tetapi, tentu saja, Buya Hamka memberi batasan. #Islam

51. Yahudi dan Nashrani hny mungkin beriman JIKA tdk sempat bertemu dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam

52. Jika sdh bertemu dgn Rasulullah saw namun tdk beriman pd beliau, maka mereka tdklah beriman, melainkan kafir. #Islam

53. Sebaliknya, jika menerima dakwah beliau, maka mereka bkn Yahudi atau Nashrani lg, tp sdh mjd Muslim. #Islam

54. Dgn sendirinya, Yahudi dan Nashrani di jaman skrg tdk termasuk dlm konteks QS. 2:62 ini. #Islam

55. QS. [3]: 113 menegaskan bhw di antara Ahli Kitab itu mmg ada yg beriman, ada pula yg tidak. #Islam

56. QS. [3]: 110 menjelaskan bhw kebanyakan di antara mereka adalah org2 yg fasik. #Islam

57. Akan lebih jelas lagi kiranya jika kita menengok asbabun nuzul dari QS. 2:62 ini. #Islam

58. Buya Hamka menjelaskan bhw ayat ini turun utk menjawab pertanyaan Salman al-Farisi ra. #Islam

59. Salman ra adalah sahabat Nabi saw yg pernah bekerja utk majikan2 yg berbeda2 agamanya. #Islam

60. Krn para majikannya dipandang soleh, maka Salman ra pun menanyakan ‘nasib’ mrk pd Nabi saw. #Islam

61. Maka turunlah QS. 2:62. Org2 Yahudi, Nashrani dan Shabi’in, asal beriman & beramal soleh, bs dpt pahala. #Islam

62. Seperti apa sih ‘Yahudi dan Nashrani yg beriman’ itu? Ini masalah yg riil dan sangat penting utk dijawab. #Islam

63. Kita mengenal, misalnya, Pendeta Bahira. Beliau adalah seorang Nashrani. #Islam

64. Melalui tanda2 yg dipahaminya dari Injil, Bahira bisa mengenali tanda2 kenabian pd diri Rasulullah saw. #Islam

65. Pdhal, ketika bertemu, beliau masih anak-anak, belum menerima wahyu, blm diangkat mjd Nabi. #Islam

66. Maka, zhahirnya, kita dpt mengatakan bhw Bahira beriman pd tanda2 yg dijelaskan dlm Injil. #Islam

67. Bahira bahkan memperingatkan Abu Thalib utk melindungi keponakannya. #Islam

68. Artinya, ia berusaha melindungi Rasulullah saw dan membelanya. Zhahirnya, ia beriman. #Islam

69. Akan tetapi, Bahira tetaplah disebut sbg seorang Nashrani, bukan Muslim. #Islam

70. Sebab, ketika bertemu Rasulullah saw, beliau blm berdakwah, krn blm mendapat wahyu. #Islam

71. Zhahirnya, kita bisa golongkan Bahira sbg ‘Nashrani yg beriman’. Sekali lagi: zhahirnya! Kalau hati, Allah yg tahu. #Islam

72. Org2 Yahudi jg mengenal dgn baik ciri2 Rasulullah saw dari penjelasan dlm Taurat. #Islam

73. Pada tahun kesebelas kenabian, Rasulullah saw mendatangi org2 Madinah (dulu bernama Yatsrib) yg datang ke Mekkah. #Islam

74. Beliau menemui mereka di ‘Aqabah, suatu daerah yg tdk jauh dr Mina. #Islam

75. Dlm perbincangan itu, org2 Arab dr Yatsrib tsb langsung mengenali Rasulullah saw. #Islam

76. Mengapa? Karena org2 Yahudi di Yatsrib senantiasa menyebut2 kedatangan Sang Nabi Penutup. #Islam

77. Begitu jelasnya ciri2 yg dijelaskan o/ org2 Yahudi itu, sampai2 yg mendengarkan ciri2 itu pun langsung paham. #Islam

78. Ketika bertemu Rasulullah saw, tahulah mrk bahwa beliau adalah Nabi yg dibicarakan o/ org2 Yahudi. #Islam

79. Maka, tentu saja, dpt kita simpulkan bhw pada jaman dahulu ada jg ‘Yahudi yg beriman’. #Islam

80. Sekali lagi, batasannya adalah pd bertemunya mrk dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam

81. Yahudi dan Nashrani yg benar2 beriman pasti akan menyambut Rasulullah saw, bukan menolaknya. #Islam

82. Jika menolaknya, maka mereka tdk dikategorikan sbg org2 beriman. #Islam

83. Demikianlah sebagian penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62. #Islam

84. Sejarah nama agama Yahudi dan Nashrani sangat kontras dgn #Islam.

85. Umat Muslim, dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan, menyebut agamanya dgn satu nama: #Islam.

86. Orang2 Barat sejak lama berusaha mendiskreditkan #Islam. Mrk berikan banyak nama lain.

87. “Mohammedanism”, “Hagarism”, “Moor”, “Saracens”, “Turks”, semua itu adalah nama yg pernah diidentikkan dgn #Islam.

88. Akan tetapi, tentu saja, umat Muslim tetap menyebut #Islam sbg nama agamanya.

89. Nama #Islam tdk terkait dgn garis keturunan, tdk juga dgn wilayah geografis.

90. Nama #Islam tdk diberikan o/ orang lain, tidak pula dikarang2 o/ umat Muslim.

91. Nama #Islam diberikan o/ Allah SWT, tertera dlm al-Qur’an (lihat QS. 3:85) dan as-Sunnah.

92. Oleh krn itu, seluruh Muslim di dunia kompak menyebut nama agamanya: #Islam !

93. Muslim yg rajin shalat dan yg shalat dua kali setahun (Shalat ‘Id saja), kompak menyebut nama #Islam.

94. Muslim yg taat ibadah dan yg suka mabuk2an, kompak menyebut nama #Islam.

95. Yg sudah Muslim sejak lahir dan yg baru mjd muallaf kemarin sore pun kompak menyebut nama #Islam.

96. Sebab, nama #Islam adalah pemberian langsung dr Allah. Tdk ada yg berani menggunakan nama lain.

97. Seliberal2nya kaum Islam liberal, tetap saja menggunakan nama #Islam.

98. Inilah keistimewaan nama #Islam. Sayangnya, banyak Muslim yg tdk menyadarinya.

99. Oleh krn itu, kita pun tak bisa menerima pendapat Nurcholish Madjid yg menganggap bhw #Islam berarti “pasrah” belaka.

100. Dan dgn demikian, umat lain yg pasrah pun bisa disebut Muslim. Itu salah kaprah. #Islam

101. Mengapa? Sebab, meski “pasrah” adalah salah satu makna dr akar kata #Islam, tp #Islam adalah sebuah nama.

102. #Islam adalah sebuah nama definitif yg telah Allah SWT berikan. Kita tdk berhak mengubah2nya.

103. Segala puji bagi Allah yg telah memberikan nama yg terbaik utk agama-Nya. #Islam

104. Kita bangga dgn nama #Islam, sebab nama ini diberikan langsung oleh Allah SWT, bukan gubahan manusia.

105. Semoga kita semakin menyadari kebesaran di balik nama #Islam. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin…

Gambar dari sini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...