Sekali-kali saya mau berbagi kultwit ah. Yang ini kultwit yang insya Alloh bermanfaat. Dikutip dari Islamedia. Aslinya bisa juga dilihat di chirpstory. Selamat berkultwit.
01. Kali ini saya akan kultwit soal #Islam. Bukan soal #Islam scr keseluruhan, tentunya, tp ttg nama “#Islam” itu sendiri.
02. Ada yg menarik dr penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62 dlm Tafsir Al-Azhar yg beliau tulis. #Islam
03. Penjelasan mengenai hal ini sy ungkapkan panjang lebar dlm buku saya #BuyaHamka. #Islam http://t.co/tbms7P2E1Q
04. QS. 2:62 adalah salah satu ayat yg sering dimanfaatkan o/ kaum liberalis utk membenarkan pluralisme agama. #Islam
05. Ayat ini punya ‘kembaran’, yaitu QS. 5:69 yg redaksinya sangat mirip. #Islam
06. Dlm ayat tsb, dinyatakan bhw ada empat gol yg bs mendapatkan pahala dr Allah. #Islam
07. Keempat gol tsb adalah: org2 yg beriman, Yahudi, Nashrani dan Shabi’in. #Islam
08.Persyaratannya, mereka harus beriman kpd Allah dan Hari Akhir, jg beramal saleh. #Islam
09. Dgn berbekal ayat ini, kaum liberalis menyatakan bhw Non-Muslim pun bisa masuk surga. #Islam
10. Di buku #BuyaHamka, saya jelaskan jg bgmn bbrp pihak memanipulasi penjelasan beliau ttg ayat ini. #Islam http://t.co/2M3cLt5scX
11. Pertanyaan utamanya, tentu saja: mengapa empat golongan itu? Mengapa bukan hanya #Islam?
12. Dlm menelaah ayat ini, biasanya kelompok liberalis sekonyong2 mjd literalis. #Islam
13. Padahal, #mereka selalu mengedepankan kontekstualisme. Tp kalau ayatnya spt ini, #mereka maunya literalis. #Islam
14. Kelompok pertama adalah orang2 beriman. Lazim dipahami, maksudnya adalah org2 yg beragama #Islam.
15. Kelompok keempat (sy sengaja dahulukan) adalah Shabi’in. #Islam
16. Menurut Hamka, nama “Shabi’in” ini diberikan pd banyak kelompok. Maknanya adalah “murtad dr agama asalnya”. #Islam
17. Rasulullah saw jg pernah disebut sbg bagian dr kelompok ini, sbb beliau dianggap keluar dr agama nenek moyangnya. #Islam
18. Kelompok kedua dan ketiga tentunya yg paling menarik, yaitu Yahudi dan Nashrani. #Islam
19. Apa itu agama Yahudi? Apa itu agama Nashrani? Mengapa keduanya disebut di ayat ini? #Islam
20. Buya Hamka menguraikan penjelasannya dgn memulai dari asal-muasal kedua nama tsb. #Islam
21. “Yahudi”, menurut beliau, terambil dr nama salah satu anak Nabi Ya’qub as, yaitu Yehuda. #Islam
22. Dgn sendirinya, “Yahudi” adalah semacam nama “agama-bangsa” atau “agama-keluarga”. #Islam
23. Artinya, nama ini memang mengandung ‘risiko’ memunculkan kerancuan antara agama dan garis keturunan. #Islam
24. Di Barat, sampai skrg masih terjadi kerancuan mengenai Yahudi. #Islam
25. Di Barat yg sekuler, pernikahan antaragama mmg biasa. Org Barat sdh byk yg tdk taat agama, jadi tdk peduli. #Islam
26. Banyak org Yahudi yg menikah dgn umat lain, krn mrk mmg tdk peduli lg masalah2 spt ini. #Islam
27. Anggaplah seorg Yahudi menikahi seorg Kristen. Anaknya disebut Jewish atau Christian? #Islam
28. Bisa jadi kedua orang tuanya pd akhirnya tdk mengajarkan anaknya utk mengidentifikasi diri dgn salah 1 agama. #Islam
29. Akan tetapi, di Barat sering kita dengar istilah “Half-Jewish”. #Islam
30. Agama kok bisa “half”? Agama macam apa ini? Ya, itulah kerancuannya. Sebab Yahudi adalah identitas kesukuan jg. #Islam
31. Org Minang nikah dgn org Sunda, anaknya ya setengah Minang atau setengah Sunda. Tp agama? #Islam
32. Kembali pd nama “Yahudi”, kita simpulkan bhw nama ini adalah nama “agama-keluarga”. #Islam
33. Bgmn dgn nama “Nashrani”? Dr mana sumbernya? #Islam
34. Menurut Hamka, nama “Nashrani” terambil dr nama kampung halaman Nabi ‘Isa as, yaitu Nashirah (Nazareth). #Islam
35. Krn tdk punya nama, maka digunakanlah nama wilayah asalnya sbg nama agama. #Islam
36. Maka, “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. #Islam
37. Hal menarik yg perlu dicatat di sini adalah bhw “Nashrani” bukan satu2nya nama mereka. #Islam
38. Nama lainnya, sbgmn yg kita ketahui, adalah “Kristen”. Dlm bhs Inggrisnya: “Christian”. #Islam
39. Dlm Kitab Perjanjian Baru, rujukan pertama dr nama “Kristen” adalah Kisah Para Rasul 11:26. #Islam
40. Mnrt referensi tsb, di Antiochia-lah pertama kalinya mereka disebut sbg umat Kristen. #Islam
41. Referensi2 lain menjelaskan bhw “Christian” bermakna “follower of Christ”. #Islam
42. Akan halnya nama “Nashrani”, agaknya tdk ada kesepakatan. Tdk semua umat Kristiani mengetahui nama ini. #Islam
43. Org2 Kristen di Barat, misalnya, banyak yg tdk tahu nama “Nashrani”. Mrk tdk terbiasa dgn nama itu. #Islam
44. Hal ini menimbulkan kesan bhw nama “Nashrani” adalah pemberian org lain. #Islam
45. Maka, nama “Nashrani” dan “Kristen” ternyata sama2 tdk berasal dr Yesus atau Nabi ‘Isa as. #Islam
46. Kembali pd nama “Yahudi”. Krn ini adalah nama “agama-keluarga”, maka terbukalah sebuah kemungkinan. #Islam
47. Karena semua keturunan Yahudi ttp saja akan disebut Yahudi, maka bs jadi ada ‘Yahudi yg beriman’. #Islam
48. Demikian jg “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. Terbuka pula kemungkinan serupa. #Islam
49. Krn yg agamanya berasal dr Nashirah disebut org2 Nashrani, maka bs jadi ada pula ‘Nashrani yg beriman’. #Islam
50. Akan tetapi, tentu saja, Buya Hamka memberi batasan. #Islam
51. Yahudi dan Nashrani hny mungkin beriman JIKA tdk sempat bertemu dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam
52. Jika sdh bertemu dgn Rasulullah saw namun tdk beriman pd beliau, maka mereka tdklah beriman, melainkan kafir. #Islam
53. Sebaliknya, jika menerima dakwah beliau, maka mereka bkn Yahudi atau Nashrani lg, tp sdh mjd Muslim. #Islam
54. Dgn sendirinya, Yahudi dan Nashrani di jaman skrg tdk termasuk dlm konteks QS. 2:62 ini. #Islam
55. QS. [3]: 113 menegaskan bhw di antara Ahli Kitab itu mmg ada yg beriman, ada pula yg tidak. #Islam
56. QS. [3]: 110 menjelaskan bhw kebanyakan di antara mereka adalah org2 yg fasik. #Islam
57. Akan lebih jelas lagi kiranya jika kita menengok asbabun nuzul dari QS. 2:62 ini. #Islam
58. Buya Hamka menjelaskan bhw ayat ini turun utk menjawab pertanyaan Salman al-Farisi ra. #Islam
59. Salman ra adalah sahabat Nabi saw yg pernah bekerja utk majikan2 yg berbeda2 agamanya. #Islam
60. Krn para majikannya dipandang soleh, maka Salman ra pun menanyakan ‘nasib’ mrk pd Nabi saw. #Islam
61. Maka turunlah QS. 2:62. Org2 Yahudi, Nashrani dan Shabi’in, asal beriman & beramal soleh, bs dpt pahala. #Islam
62. Seperti apa sih ‘Yahudi dan Nashrani yg beriman’ itu? Ini masalah yg riil dan sangat penting utk dijawab. #Islam
63. Kita mengenal, misalnya, Pendeta Bahira. Beliau adalah seorang Nashrani. #Islam
64. Melalui tanda2 yg dipahaminya dari Injil, Bahira bisa mengenali tanda2 kenabian pd diri Rasulullah saw. #Islam
65. Pdhal, ketika bertemu, beliau masih anak-anak, belum menerima wahyu, blm diangkat mjd Nabi. #Islam
66. Maka, zhahirnya, kita dpt mengatakan bhw Bahira beriman pd tanda2 yg dijelaskan dlm Injil. #Islam
67. Bahira bahkan memperingatkan Abu Thalib utk melindungi keponakannya. #Islam
68. Artinya, ia berusaha melindungi Rasulullah saw dan membelanya. Zhahirnya, ia beriman. #Islam
69. Akan tetapi, Bahira tetaplah disebut sbg seorang Nashrani, bukan Muslim. #Islam
70. Sebab, ketika bertemu Rasulullah saw, beliau blm berdakwah, krn blm mendapat wahyu. #Islam
71. Zhahirnya, kita bisa golongkan Bahira sbg ‘Nashrani yg beriman’. Sekali lagi: zhahirnya! Kalau hati, Allah yg tahu. #Islam
72. Org2 Yahudi jg mengenal dgn baik ciri2 Rasulullah saw dari penjelasan dlm Taurat. #Islam
73. Pada tahun kesebelas kenabian, Rasulullah saw mendatangi org2 Madinah (dulu bernama Yatsrib) yg datang ke Mekkah. #Islam
74. Beliau menemui mereka di ‘Aqabah, suatu daerah yg tdk jauh dr Mina. #Islam
75. Dlm perbincangan itu, org2 Arab dr Yatsrib tsb langsung mengenali Rasulullah saw. #Islam
76. Mengapa? Karena org2 Yahudi di Yatsrib senantiasa menyebut2 kedatangan Sang Nabi Penutup. #Islam
77. Begitu jelasnya ciri2 yg dijelaskan o/ org2 Yahudi itu, sampai2 yg mendengarkan ciri2 itu pun langsung paham. #Islam
78. Ketika bertemu Rasulullah saw, tahulah mrk bahwa beliau adalah Nabi yg dibicarakan o/ org2 Yahudi. #Islam
79. Maka, tentu saja, dpt kita simpulkan bhw pada jaman dahulu ada jg ‘Yahudi yg beriman’. #Islam
80. Sekali lagi, batasannya adalah pd bertemunya mrk dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam
81. Yahudi dan Nashrani yg benar2 beriman pasti akan menyambut Rasulullah saw, bukan menolaknya. #Islam
82. Jika menolaknya, maka mereka tdk dikategorikan sbg org2 beriman. #Islam
83. Demikianlah sebagian penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62. #Islam
84. Sejarah nama agama Yahudi dan Nashrani sangat kontras dgn #Islam.
85. Umat Muslim, dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan, menyebut agamanya dgn satu nama: #Islam.
86. Orang2 Barat sejak lama berusaha mendiskreditkan #Islam. Mrk berikan banyak nama lain.
87. “Mohammedanism”, “Hagarism”, “Moor”, “Saracens”, “Turks”, semua itu adalah nama yg pernah diidentikkan dgn #Islam.
88. Akan tetapi, tentu saja, umat Muslim tetap menyebut #Islam sbg nama agamanya.
89. Nama #Islam tdk terkait dgn garis keturunan, tdk juga dgn wilayah geografis.
90. Nama #Islam tdk diberikan o/ orang lain, tidak pula dikarang2 o/ umat Muslim.
91. Nama #Islam diberikan o/ Allah SWT, tertera dlm al-Qur’an (lihat QS. 3:85) dan as-Sunnah.
92. Oleh krn itu, seluruh Muslim di dunia kompak menyebut nama agamanya: #Islam !
93. Muslim yg rajin shalat dan yg shalat dua kali setahun (Shalat ‘Id saja), kompak menyebut nama #Islam.
94. Muslim yg taat ibadah dan yg suka mabuk2an, kompak menyebut nama #Islam.
95. Yg sudah Muslim sejak lahir dan yg baru mjd muallaf kemarin sore pun kompak menyebut nama #Islam.
96. Sebab, nama #Islam adalah pemberian langsung dr Allah. Tdk ada yg berani menggunakan nama lain.
97. Seliberal2nya kaum Islam liberal, tetap saja menggunakan nama #Islam.
98. Inilah keistimewaan nama #Islam. Sayangnya, banyak Muslim yg tdk menyadarinya.
99. Oleh krn itu, kita pun tak bisa menerima pendapat Nurcholish Madjid yg menganggap bhw #Islam berarti “pasrah” belaka.
100. Dan dgn demikian, umat lain yg pasrah pun bisa disebut Muslim. Itu salah kaprah. #Islam
101. Mengapa? Sebab, meski “pasrah” adalah salah satu makna dr akar kata #Islam, tp #Islam adalah sebuah nama.
102. #Islam adalah sebuah nama definitif yg telah Allah SWT berikan. Kita tdk berhak mengubah2nya.
103. Segala puji bagi Allah yg telah memberikan nama yg terbaik utk agama-Nya. #Islam
104. Kita bangga dgn nama #Islam, sebab nama ini diberikan langsung oleh Allah SWT, bukan gubahan manusia.
105. Semoga kita semakin menyadari kebesaran di balik nama #Islam. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin…
02. Ada yg menarik dr penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62 dlm Tafsir Al-Azhar yg beliau tulis. #Islam
03. Penjelasan mengenai hal ini sy ungkapkan panjang lebar dlm buku saya #BuyaHamka. #Islam http://t.co/tbms7P2E1Q
04. QS. 2:62 adalah salah satu ayat yg sering dimanfaatkan o/ kaum liberalis utk membenarkan pluralisme agama. #Islam
05. Ayat ini punya ‘kembaran’, yaitu QS. 5:69 yg redaksinya sangat mirip. #Islam
06. Dlm ayat tsb, dinyatakan bhw ada empat gol yg bs mendapatkan pahala dr Allah. #Islam
07. Keempat gol tsb adalah: org2 yg beriman, Yahudi, Nashrani dan Shabi’in. #Islam
08.Persyaratannya, mereka harus beriman kpd Allah dan Hari Akhir, jg beramal saleh. #Islam
09. Dgn berbekal ayat ini, kaum liberalis menyatakan bhw Non-Muslim pun bisa masuk surga. #Islam
10. Di buku #BuyaHamka, saya jelaskan jg bgmn bbrp pihak memanipulasi penjelasan beliau ttg ayat ini. #Islam http://t.co/2M3cLt5scX
11. Pertanyaan utamanya, tentu saja: mengapa empat golongan itu? Mengapa bukan hanya #Islam?
12. Dlm menelaah ayat ini, biasanya kelompok liberalis sekonyong2 mjd literalis. #Islam
13. Padahal, #mereka selalu mengedepankan kontekstualisme. Tp kalau ayatnya spt ini, #mereka maunya literalis. #Islam
14. Kelompok pertama adalah orang2 beriman. Lazim dipahami, maksudnya adalah org2 yg beragama #Islam.
15. Kelompok keempat (sy sengaja dahulukan) adalah Shabi’in. #Islam
16. Menurut Hamka, nama “Shabi’in” ini diberikan pd banyak kelompok. Maknanya adalah “murtad dr agama asalnya”. #Islam
17. Rasulullah saw jg pernah disebut sbg bagian dr kelompok ini, sbb beliau dianggap keluar dr agama nenek moyangnya. #Islam
18. Kelompok kedua dan ketiga tentunya yg paling menarik, yaitu Yahudi dan Nashrani. #Islam
19. Apa itu agama Yahudi? Apa itu agama Nashrani? Mengapa keduanya disebut di ayat ini? #Islam
20. Buya Hamka menguraikan penjelasannya dgn memulai dari asal-muasal kedua nama tsb. #Islam
21. “Yahudi”, menurut beliau, terambil dr nama salah satu anak Nabi Ya’qub as, yaitu Yehuda. #Islam
22. Dgn sendirinya, “Yahudi” adalah semacam nama “agama-bangsa” atau “agama-keluarga”. #Islam
23. Artinya, nama ini memang mengandung ‘risiko’ memunculkan kerancuan antara agama dan garis keturunan. #Islam
24. Di Barat, sampai skrg masih terjadi kerancuan mengenai Yahudi. #Islam
25. Di Barat yg sekuler, pernikahan antaragama mmg biasa. Org Barat sdh byk yg tdk taat agama, jadi tdk peduli. #Islam
26. Banyak org Yahudi yg menikah dgn umat lain, krn mrk mmg tdk peduli lg masalah2 spt ini. #Islam
27. Anggaplah seorg Yahudi menikahi seorg Kristen. Anaknya disebut Jewish atau Christian? #Islam
28. Bisa jadi kedua orang tuanya pd akhirnya tdk mengajarkan anaknya utk mengidentifikasi diri dgn salah 1 agama. #Islam
29. Akan tetapi, di Barat sering kita dengar istilah “Half-Jewish”. #Islam
30. Agama kok bisa “half”? Agama macam apa ini? Ya, itulah kerancuannya. Sebab Yahudi adalah identitas kesukuan jg. #Islam
31. Org Minang nikah dgn org Sunda, anaknya ya setengah Minang atau setengah Sunda. Tp agama? #Islam
32. Kembali pd nama “Yahudi”, kita simpulkan bhw nama ini adalah nama “agama-keluarga”. #Islam
33. Bgmn dgn nama “Nashrani”? Dr mana sumbernya? #Islam
34. Menurut Hamka, nama “Nashrani” terambil dr nama kampung halaman Nabi ‘Isa as, yaitu Nashirah (Nazareth). #Islam
35. Krn tdk punya nama, maka digunakanlah nama wilayah asalnya sbg nama agama. #Islam
36. Maka, “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. #Islam
37. Hal menarik yg perlu dicatat di sini adalah bhw “Nashrani” bukan satu2nya nama mereka. #Islam
38. Nama lainnya, sbgmn yg kita ketahui, adalah “Kristen”. Dlm bhs Inggrisnya: “Christian”. #Islam
39. Dlm Kitab Perjanjian Baru, rujukan pertama dr nama “Kristen” adalah Kisah Para Rasul 11:26. #Islam
40. Mnrt referensi tsb, di Antiochia-lah pertama kalinya mereka disebut sbg umat Kristen. #Islam
41. Referensi2 lain menjelaskan bhw “Christian” bermakna “follower of Christ”. #Islam
42. Akan halnya nama “Nashrani”, agaknya tdk ada kesepakatan. Tdk semua umat Kristiani mengetahui nama ini. #Islam
43. Org2 Kristen di Barat, misalnya, banyak yg tdk tahu nama “Nashrani”. Mrk tdk terbiasa dgn nama itu. #Islam
44. Hal ini menimbulkan kesan bhw nama “Nashrani” adalah pemberian org lain. #Islam
45. Maka, nama “Nashrani” dan “Kristen” ternyata sama2 tdk berasal dr Yesus atau Nabi ‘Isa as. #Islam
46. Kembali pd nama “Yahudi”. Krn ini adalah nama “agama-keluarga”, maka terbukalah sebuah kemungkinan. #Islam
47. Karena semua keturunan Yahudi ttp saja akan disebut Yahudi, maka bs jadi ada ‘Yahudi yg beriman’. #Islam
48. Demikian jg “Nashrani” adalah nama “agama-kota”. Terbuka pula kemungkinan serupa. #Islam
49. Krn yg agamanya berasal dr Nashirah disebut org2 Nashrani, maka bs jadi ada pula ‘Nashrani yg beriman’. #Islam
50. Akan tetapi, tentu saja, Buya Hamka memberi batasan. #Islam
51. Yahudi dan Nashrani hny mungkin beriman JIKA tdk sempat bertemu dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam
52. Jika sdh bertemu dgn Rasulullah saw namun tdk beriman pd beliau, maka mereka tdklah beriman, melainkan kafir. #Islam
53. Sebaliknya, jika menerima dakwah beliau, maka mereka bkn Yahudi atau Nashrani lg, tp sdh mjd Muslim. #Islam
54. Dgn sendirinya, Yahudi dan Nashrani di jaman skrg tdk termasuk dlm konteks QS. 2:62 ini. #Islam
55. QS. [3]: 113 menegaskan bhw di antara Ahli Kitab itu mmg ada yg beriman, ada pula yg tidak. #Islam
56. QS. [3]: 110 menjelaskan bhw kebanyakan di antara mereka adalah org2 yg fasik. #Islam
57. Akan lebih jelas lagi kiranya jika kita menengok asbabun nuzul dari QS. 2:62 ini. #Islam
58. Buya Hamka menjelaskan bhw ayat ini turun utk menjawab pertanyaan Salman al-Farisi ra. #Islam
59. Salman ra adalah sahabat Nabi saw yg pernah bekerja utk majikan2 yg berbeda2 agamanya. #Islam
60. Krn para majikannya dipandang soleh, maka Salman ra pun menanyakan ‘nasib’ mrk pd Nabi saw. #Islam
61. Maka turunlah QS. 2:62. Org2 Yahudi, Nashrani dan Shabi’in, asal beriman & beramal soleh, bs dpt pahala. #Islam
62. Seperti apa sih ‘Yahudi dan Nashrani yg beriman’ itu? Ini masalah yg riil dan sangat penting utk dijawab. #Islam
63. Kita mengenal, misalnya, Pendeta Bahira. Beliau adalah seorang Nashrani. #Islam
64. Melalui tanda2 yg dipahaminya dari Injil, Bahira bisa mengenali tanda2 kenabian pd diri Rasulullah saw. #Islam
65. Pdhal, ketika bertemu, beliau masih anak-anak, belum menerima wahyu, blm diangkat mjd Nabi. #Islam
66. Maka, zhahirnya, kita dpt mengatakan bhw Bahira beriman pd tanda2 yg dijelaskan dlm Injil. #Islam
67. Bahira bahkan memperingatkan Abu Thalib utk melindungi keponakannya. #Islam
68. Artinya, ia berusaha melindungi Rasulullah saw dan membelanya. Zhahirnya, ia beriman. #Islam
69. Akan tetapi, Bahira tetaplah disebut sbg seorang Nashrani, bukan Muslim. #Islam
70. Sebab, ketika bertemu Rasulullah saw, beliau blm berdakwah, krn blm mendapat wahyu. #Islam
71. Zhahirnya, kita bisa golongkan Bahira sbg ‘Nashrani yg beriman’. Sekali lagi: zhahirnya! Kalau hati, Allah yg tahu. #Islam
72. Org2 Yahudi jg mengenal dgn baik ciri2 Rasulullah saw dari penjelasan dlm Taurat. #Islam
73. Pada tahun kesebelas kenabian, Rasulullah saw mendatangi org2 Madinah (dulu bernama Yatsrib) yg datang ke Mekkah. #Islam
74. Beliau menemui mereka di ‘Aqabah, suatu daerah yg tdk jauh dr Mina. #Islam
75. Dlm perbincangan itu, org2 Arab dr Yatsrib tsb langsung mengenali Rasulullah saw. #Islam
76. Mengapa? Karena org2 Yahudi di Yatsrib senantiasa menyebut2 kedatangan Sang Nabi Penutup. #Islam
77. Begitu jelasnya ciri2 yg dijelaskan o/ org2 Yahudi itu, sampai2 yg mendengarkan ciri2 itu pun langsung paham. #Islam
78. Ketika bertemu Rasulullah saw, tahulah mrk bahwa beliau adalah Nabi yg dibicarakan o/ org2 Yahudi. #Islam
79. Maka, tentu saja, dpt kita simpulkan bhw pada jaman dahulu ada jg ‘Yahudi yg beriman’. #Islam
80. Sekali lagi, batasannya adalah pd bertemunya mrk dgn dakwah Rasulullah saw. #Islam
81. Yahudi dan Nashrani yg benar2 beriman pasti akan menyambut Rasulullah saw, bukan menolaknya. #Islam
82. Jika menolaknya, maka mereka tdk dikategorikan sbg org2 beriman. #Islam
83. Demikianlah sebagian penjelasan Buya Hamka ttg QS. 2:62. #Islam
84. Sejarah nama agama Yahudi dan Nashrani sangat kontras dgn #Islam.
85. Umat Muslim, dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan, menyebut agamanya dgn satu nama: #Islam.
86. Orang2 Barat sejak lama berusaha mendiskreditkan #Islam. Mrk berikan banyak nama lain.
87. “Mohammedanism”, “Hagarism”, “Moor”, “Saracens”, “Turks”, semua itu adalah nama yg pernah diidentikkan dgn #Islam.
88. Akan tetapi, tentu saja, umat Muslim tetap menyebut #Islam sbg nama agamanya.
89. Nama #Islam tdk terkait dgn garis keturunan, tdk juga dgn wilayah geografis.
90. Nama #Islam tdk diberikan o/ orang lain, tidak pula dikarang2 o/ umat Muslim.
91. Nama #Islam diberikan o/ Allah SWT, tertera dlm al-Qur’an (lihat QS. 3:85) dan as-Sunnah.
92. Oleh krn itu, seluruh Muslim di dunia kompak menyebut nama agamanya: #Islam !
93. Muslim yg rajin shalat dan yg shalat dua kali setahun (Shalat ‘Id saja), kompak menyebut nama #Islam.
94. Muslim yg taat ibadah dan yg suka mabuk2an, kompak menyebut nama #Islam.
95. Yg sudah Muslim sejak lahir dan yg baru mjd muallaf kemarin sore pun kompak menyebut nama #Islam.
96. Sebab, nama #Islam adalah pemberian langsung dr Allah. Tdk ada yg berani menggunakan nama lain.
97. Seliberal2nya kaum Islam liberal, tetap saja menggunakan nama #Islam.
98. Inilah keistimewaan nama #Islam. Sayangnya, banyak Muslim yg tdk menyadarinya.
99. Oleh krn itu, kita pun tak bisa menerima pendapat Nurcholish Madjid yg menganggap bhw #Islam berarti “pasrah” belaka.
100. Dan dgn demikian, umat lain yg pasrah pun bisa disebut Muslim. Itu salah kaprah. #Islam
101. Mengapa? Sebab, meski “pasrah” adalah salah satu makna dr akar kata #Islam, tp #Islam adalah sebuah nama.
102. #Islam adalah sebuah nama definitif yg telah Allah SWT berikan. Kita tdk berhak mengubah2nya.
103. Segala puji bagi Allah yg telah memberikan nama yg terbaik utk agama-Nya. #Islam
104. Kita bangga dgn nama #Islam, sebab nama ini diberikan langsung oleh Allah SWT, bukan gubahan manusia.
105. Semoga kita semakin menyadari kebesaran di balik nama #Islam. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin…
Gambar dari sini.
No comments:
Post a Comment