Wednesday, August 7, 2013

Cupcake Kukus (Tanpa Telor)

Saya baru menemukan cara mengukus yang lebih beradab, hehe. Karena dandang adalah barang langka di Antep, jadi orang yang pengen mengukus dengan menggunakan dandang harus mencari cara supaya si kegiatan mengukus itu bisa tetap dilakukan walau tanpa dandang. Caranya? Siapkan wajan lebar kayak wok gitu (jadi inget Wok With Yan, hehe) dan saringan lebar yang lebarnya kurang lebih pas sama lebar wajan, dan tutup panci yang pas. Saringan ini banyak dijual di çarsı. Harganya 3,5TL. Sebelum menemukan si saringan ini, saya menggunakan wadah untuk mencuci buah yang terbuat dari aluminium dan kurang maksimal kapasitasnya.

Nah, karena udah ada wadah mengukus yang representatip, ceilee, jadilah kang Warteg mencoba beberapa resep kukus. Di antaranya adalah cupcake kukus. Lumayan lah, ada variasi pilihan kue kalo tiba-tiba harus menjamu tamu atau membuat hantaran.



Cupcake Kukus

(Dari Cooking and Me)
Bahan:
1 1/2 cup tepung terigu serbaguna
1 cup yogurt
3/4 cup gula
1/2 sdt baking soda
1 1/4 sdt baking powder
1/2 cup minyak sayur
2 sdm coklat bubuk

Cara membuat:
1. Campur yogurt dengan gula sampai halus dan tidak ada gumpalan. Tambahkan baking soda dan baking powder, aduk dan biarkan 5 menit sampai gelembung bermunculan. Tuang minyak, aduk rata.
2. Campur coklat bubuk dan terigu hingga rata kemudian tuang ke dalam campuran yogurt. Aduk rata.
3. Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah diberi kertas cup.
4. Tuang adonan hingga batas kertas cup (perhatikan tinggi adonan saat mekar dan kain pelapis tutup kukusan. Jangan sampai adonan naik tinggi dan menabrak kain pembatas karena adonan akan menempel di kain).
5. Kukus adonan selama 30 menit. Cek dengan tusuk gigi.
6. Angkat dan dinginkan. Lepas kue dari cetakan. Sajikan.

Catatan:
Bungkus tutup kukusan dengan kain supaya uap air yang berkumpul pada tutup kukusan tidak jatuh pada adonan kue.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...