Tuesday, October 29, 2013

Saos Sambal Rumahan

Akhirnya, saya bisa juga membuat saos sambal sendiri. Horeee!

Sebenarnya, saya bukan penggemar saos sambal atau saos tomat atau saos-saos lain yang biasa menemani hidangan yang sedep-sedep itu. Kalo beli bakso pun saya selalu, "tidak pake saos, tidak pake sambel juga tidak pake kol". Hehe. Tapi, gara-gara Virda kemaren sempat membawa saos sambal dalam kemasan yang rasanya nyam nyam nyam dan rasanya mengingatkan saya pada udang goreng tepung (wah, sedap banget yah!), saya jadi bertekad membuat sendiri saos sambal. Ini bukan mau sok melainkan sebuah usaha menyenangkan diri sendiri karena di Antep ga ada yang judulnya saos sambal. Saos tomat sih ada, tapi saya sudah yakin saya pasti ga akan doyan. 



Musim panas adalah musim yang tepat untuk membuat saos sambal karena musim panas adalah musim cabe merah yang pedesss. Memang ga akan sepedes cabe rawit. Tapi untuk ukuran saos sambal, lumayan laaah.

Saos Sambal
(adaptasi dari adhimas secret)
Bahan:
1/2 kg cabe merah
1/4 kg tomat (4-5 buah)
4-5 siung bawang putih, parut
Gula
Garam
Corn starch



Cara membuat:
1. Didihkan air dan rebus tomat dan cabe sebentar supaya kulitnya mudah dikupas. Jika ingin melewati proses ini, setelah diblender, saring adonan supaya halus.
2. Blender cabe dan tomat hingga halus. Saring.
3. Masak hingga mendidih. 
4. Beri garam dan gula hingga rasa yang diinginkan tercapai.
5. Kentalkan dengan 1-2 sdm corn starch.
6. Dinginkan dan siap disimpan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...