Monday, November 11, 2013

(REVİEW) Webinar Sesi #6: Manajemen Keseharian Keluarga Homeschool oleh Rumah Inspirasi

Webinar sesi keenam ini adalah tentang manajemen. Karena homeschooling mempunyai pola belajar yang tidak terstruktur seperti sekolah pada umumnya dan keunikan setiap keluarga yang menerapkan homeschool, sudah sepantasnya para praktisi homeschool mempunyai manajemen keseharian untuk mengatur keberlangsungan kegiatan homeschool mereka.




Secara umum ada empat hal yang bisa diatur supaya keseharian keluarga homeschool berjalan menyenangkan: manajemen keluarga, materi belajar, proses belajar dan waktu.

Manajemen keluarga perlu dilakukan apalagi jika ayah dan ibu tidak memiliki asisten di rumah. Anak-anak perlu dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari untuk mengurangi burnout (kelelahan) yang dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun. Selain melibatkan anak, ayah dan ibu perlu berbagi peran yang jelas dan menyepakati segala hal yang penting dan yang dapat ditolerir. Penyederhanaan kegiatan sehari-hari juga perlu dilakukan supaya tidak terlalu membebani setiap anggota keluarga. Contoh yang biasa terjadi adalah
ketika ibu sedang mengalami pms, maka ayah akan mengambil alih kegiatan belajar bersama anak sehingga ibu bisa lebih fokus dan mengontrol emosinya. Atau jika ayah yang sedang kelelahan, ibu bisa pergi bersama anak-anak sehingga ayah bisa istirahat.

Materi belajar juga termasuk hal yang perlu diatur supaya kegiatan belajar lebih terarah dan berjalan lancar. Ayah dan ibu perlu menyediakan materi siap pakai seperti balok, kertas, pensil warna, lem, buku tentang prakarya, resep, atau situs-situs belajar yang sudah dibookmark sebelumnya yang bisa langsung dipakai anak tanpa harus didampingi orangtua saat kedua orang tua sedang kelelahan atau kewalahan dengan pekerjaan rumah. Materi belajar tersebut diatur berdasarkan jumlah anak dan anak diajari untuk bertanggung jawab atas materi belajarnya, seperti mengatur dan membereskan alat tulis setelah digunakan, dan sebagainya.

Selain materi belajar, proses belajar pun harus mempunyai sistem manajemen yang baik. Yang harus diatur diantaranya:
1. Materi yang harus dipelajari anak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.
2. Pola dan jadwal belajar yang dapat terus dievaluasi dan diperbaiki sesuai perkembangan anak dan keadaan keluarga.
3. Alat evaluasi yang sesuai, seperti kumpulan soal tanya-jawab, portofolio (untuk hasil karya anak) dan dokumentasi (bisa berupa data digital).

Dan yang terpenting dari semua itu adalah manajemen waktu. Beberapa hal yang dapat dilakukan sehubungan dengan manajemen waktu:
1. Buat prioritas
Prioritas dibuat untuk periode mingguan, bulanan atau tahunan. Sebaiknya tidak terlalu banyak.
2. Membuat jadwal
Jadwal bisa dibuat harian, mingguan atau bulanan. Dengan mempunyai jadwal kita dapat mengetahui apa saja yang sudah kita kerjakan atau target yang tercapai dan apa yang masih harus dikerjakan.
3. Fleksibel
Kita boleh punya prioritas dan jadwal tapi dalam pelaksanaannya kita miliki kelenturan dan kebebasan (flexibility) untuk mencapai target yang telah kita buat. Kelenturan ini pun membuat para pelaku homeschool tidak terlalu stres dengan target-target yang mungkin belum tercapai.

Bagaimana jika kita merasa kekurangan waktu padahal kita semua diberi waktu yang sama, 24 jam?

Kita dapat menciptakan waktu dengan cara mengevaluasi kegiatan dan membuang kegiatan yang tidak penting tapi memakan waktu banyak: cek status fb, chat, dll. Selain itu ayah dan ibu bisa juga bangun tidur lebih awal dan tidur lebih larut sehingga ada waktu-waktu kosong sebelum kegiatan sehari-hari dimulai.

Inti dari manajemen waktu adalah para pelaku homeschool menyesuaikan diri dan proses homeschool menurut keadaan dan kebutuhan masing-masing sehingga homeschool menjadi nyaman untuk dijalankan. Setiap anggota keluarga haruslah merasa hepi dengan apa yang dilakukannya sehari-hari, apakah belajar atau melakukan kegiatan lain.

Tak terasa webinar tinggal menyisakan dua sesi lagi. Masih bisa ikutan sesi ketujuh karena sesi terakhir adalah sesi tanya jawab. Mau info lebih lanjut tentang webinar, silakan kunjungi Rumah Inspirasi.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...