Tuesday, November 12, 2013

Roti Tawar Putih Klasik -- The Classic White Loaf

Ah, akhirnya ketemu juga resep roti yang bahannya sederhana: The Classic White Loaf alias Roti Tawar Putih Klasik a la The Fabulous Baker Brothers. Beneran deh, hepi banget nonton si Tom dan Henry (bukan Tom dan Jerry, ya) adu masak sekaligus masak bareng dengan resep yang gampang banget (keliatannya...).

Setelah mencoba sticky sticks yang maknyus itu, kali ini saya coba roti tawarnya (dengan takaran setengah resep) karena salah satu dari mereka kan emang baker alias tukang roti. Bahan si roti tawar klasik ini cuma terigu, ragi, garam, minyak dan air. Dan rasanya pun, kata orang yang harus makan roti tiap hari, enak dan ga berat. Mirip dah sama roti yang biasa dijual di warung disini, hehe.

Roti Tawar Klasik Setengah Resep


Roti Tawar Putih Klasik (The Classic White Loaf)
(dari The Fabulous Baker Brothers)
Bahan:
560 g terigu (saya pakai terigu biasa)
10 g garam
20 ml minyak sayur
5 g ragi (saya pakai pakmaya)
300 ml air hangat


Roti Tawar Satu Resep

Cara membuat:
1. Campur terigu dan garam, aduk rata. Tambahkan ragi (aslinya ragi dicampur bersama air hangat), aduk rata kembali. Masukkan minyak dan terakhir air hangat. Aduk dengan tangan atau sendok kayu hingga adonan menyatu.
2. Pindahkan adonan ke atas meja bertabur tepung terigu dan uleni selama kira-kira 20 menit hingga kalis elastis (10 menit jika menggunakan mikser).
3. Istirahatkan selama 1 jam atau adonan mengembang dua kali lipat. Seperti biasa saya simpan adonan dalam wadah yang sudah dioles minyak di dalam oven 50 der C dengan lampu menyala. Tutup adonan dengan cling wrap atau serbet.
4. Siapkan loyang loaf (oles sedikit minyak) dan bentuk adonan supaya muat di loyang dengan bagian adonan yang merupakan lipatan atau gulungan berada di dasar loyang, supaya bentuknya bagus.
5. Istirahatkan kembali selama 1 jam dalam keadaan tertutup cling wrap atau serbet.
6. Panaskan oven 240 der C.
7. Siapkan loyang datar yang diberi air untuk memberi efek kulit roti yang garing. Panggang roti selama 10 menit. Turunkan suhu ke 210 der C dan panggang selama 30 menit. Cek dengan cara mengeluarkan roti dari loyang loaf dan ketuk bagian bawahnya. Jika terdengar bunyi kopong, roti sudah matang.
8. Dinginkan dan siap disantap bersama selai kesukaan.



Catatan:
Ada video cara membuat roti yang mudah diikuti. Silakan lihat disini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...