Wednesday, February 6, 2013

Selai-Selai Buatan Sendiri

Selai adalah bagian yang tak terpisahkan dari menu sarapan orang Turki. Biasanya, orang-orang membeli selai jadi di supermarket. Ada banyak macam dan merk selai yang bisa jadi favorit keluarga. Terakhir, saya beli selai jeruk atau marmalade. Tapi, ternyata rasanya kurang enak dan cenderung pahit. Apalagi, pake diceramahi sama bumer karena selai jadi itu bla bla bla. Ampun DJ.

Akhirnya, sejak saat itu, saya memutuskan untuk membuat sendiri selai untuk sarapan. Sebenarnya saya ga terlalu suka selai. Tapi, untuk persediaan sarapan atau membuat kue, jadilah saya buat sendiri. Sejauh ini saya sudah banyak mencoba aneka buah untuk dibuat selai, dari yang sedep sampe yang kurang sedep. ^^!

Nah, kali ini, saya akan berbagi resep selai yang jadi favorit di rumah. Selai-selai ini dibuat sesuai musim supaya buahnya bisa didapat dengan mudah dan murah.





Selai Aprikot (kayısı)
Selai Buah Persik (şeftali)
Selai Kiwi (kivi)




Sejauh ini, saya hanya membuat selai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak supaya cepat habis. Beberapa kali, selai menjadi rusak karena terlalu lama disimpan. Jadi, jika sudah seminggu selai masih utuh, lebih baik selai diolah menjadi kue atau sajian lain.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...