Friday, January 31, 2014

NGAJİ di WARTEG: One Day One Juz (ODOJ)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin, ashsholatu wassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Robbisrohli sodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du. 

Hari ini saya memilih topik one day one juz (ODOJ) untuk kultum dadakan saya. Mengapa one day one juz atau sehari sejuz? Jawabannya ada dalam hadis berikut:
Dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata, “Wahai Rasulullah saw., berapa lama aku sebaiknya membaca Al-Qur’an?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam satu bulan.” Aku berkata lagi, “Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.” Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.” “Aku masih lebih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Namun beliau tidak memberikan izin bagiku. (HR. Tirmidzi)
Lalu bagaimana supaya bisa sehari sejuz?

1. Lancarkan bacaan sesuai tajwid. Tajwid bukan berarti melagukan. Tajwid berarti mengeluarkan setiap huruf sesuai dengan tempat keluarnya.
2. Sesuaikan dengan jadwal shalat. Sehari lima kali waktu shalat. 1 juz 10 halaman. Sehingga kita dapat membaca 2 lembar setiap shalat dan 1 juz pun selesai dalam sehari, insya Alloh.

Ada satu pepatah: bisa karena biasa; biasa karena dipaksa. Jadi, kadang kita perlu memaksa diri kita untuk mencapai taraf biasa (habit). Ustad Felix Siauw mengatakan kebiasaan (habit) itu didapat karena practice (latihan) dan repetition (pengulangan). Kita lakukan terus secara berulang-ulang selama minimal 30x, setelah itu insya Alloh hal yang kita lakukan itu akan menjadi habit atau kebiasaan kita.

Efek dari membaca quran satu juz satu hari adalah insya Alloh kita dapat mengkhatamkan al quran dalam waktu 30 hari. Mengkhatamkan quran adalah ibadah yang mempunyai banyak keutamaan, di antaranya adalah mengkhatamkan quran adalah amalan yang dicintai Alloh.
Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)
Jika kita membaca quran saja, belum sampai khatam, itupun sudah memilik banyak keutamaan, seperti:
1. Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat.
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)
2. Mendapatkan predikat insan terbaik.
Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)
3. Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya.
Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim)
4. Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar.
“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)
5. Akan diangkat derajatnya oleh Allah
Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allahswt. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)
6. Mendapatkan sakinah, rahmat, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya.
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)
Dengan melihat keutamaan dari membaca quran dan keutamaan mengkhatamkan quran, sepertinya tidak salah jika kita memaksa diri kita untuk terbiasa membaca quran sebanyak satu juz dalam sehari dalam rangka mencapai target khatam quran.

Supaya lebih semangat tilawahnya, kita dapat mengikuti kegiatan ODOJ di whatsapp atau BBM. Setiap hari kita akan ditemani teman-teman seperjuangan dalam usaha mengkhatamkan quran dan meraih ridho Alloh swt. Insya Alloh.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Billahitaufiq walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...