Tuesday, March 11, 2014

Aneka Hidangan Sayur

Selesai kuliah tentang Nutrisi, mbok warteg jadi semakin semangat mengonsumsi sayur. Memang sih kalau di Antep agak susah mencari sayuran hijau tua tapi ada kok walau agak aneh gitu yah.

Nah kali ini, mbok warteg mau berbagi menu yang melibatkan sayuran sebagai variasi menu makan siang atau malam. Mudah-mudahan bisa menambah koleksi resep keluarga pembaca sekalian. Aamiin.

1. Tumis Brokoli dan Semur Kentang Manis
Tumis brokoli ini sama resepnya dengan resep tumis brokwort hanya dikurangi wortel saja. Sementara si semur kentang saya pakai resep Gamja Jorim mengingat keterbatasan bahan di Turki.





2. Pecel Sayuran dan Salad Kentang Telor

Yang namanya pecel sayuran kayaknya adalah sajian sayur paling praktis sedunia, setelah salad sayur. Bumbunya tinggal beli yang sudah tinggal seduh atau bisa dilihat disini kalau mau buat sendiri. Sayurannya pun bisa disesuaikan dengan musim. Yang pasti, belilah sayuran lokal segar dari pasar terdekat. 

Salad kentang telor pun tak kalah praktis. Hanya perlu merebus telor dan kentang kemudian mencampurnya jadi satu dan beri garam sesuai selera. Jika suka bisa juga diberi daun parsley cincang.




3. Tumis Ebe Gümeci dan Telor Dadar Sayuran
Ebe Gümeci ini kalau kata google bernama Malva vulgaris (daun mallow) tapi kelakuannya ga vulgar kok (apaan deh). Di Turki biasa dicampur dengan nasi atau bulgur. Tapi yang paling ringkes ya ditumis. Rasanya seperti bayam. Daunnya lebar seperti daun murbei, kali ya. Info lengkap bisa dilihat di wikipedia.

Cara masak si ebe gümeci ini sama dengan memasak tumis daun bit. Cepat, mudah dan enak.

Telor dadar sayuran adalah usaha saya supaya anak-anak mau makan sayuran tanpa mereka sadari, hehe. Jadi, kalau kehabisan ide masak lauk, saya hanya membuat telor dadar. Sayuran yang bisa dicampur ke dalam telor dadar bervariasi dari bawang, daun bawang, paprika, seledri, wortel. Silakan pilih variasi yang disukai. Yang pasti telor dadar mah ga ada matinye!




Selamat mencoba ^^!

4 comments:

  1. Sebenernya ini makanan simple, tapi nama makanannya yang bikin terlihat nikmat. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe namanya juga usaha. ayo perbanyak makan sayur ^_^

      Delete
  2. mbak...bisa minta contactnya...saya ada rencana ke antep akhir mei 2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. kirim email ke warteggaziantep at gmail dot com. nti sy kabari ya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...