Sunday, October 19, 2014

Kereviç, Kukis Isi Kacang Walnut a la Antep


kereviç warteg gaziantep ile ilgili görsel sonucu


Assalamualaikum.

Akhir pekan saya kemarin saya habiskan dengan memanggang kukis sekalian mengobati stres. Lah, stres kok manggang kukis. Buat saya, manggang kukis itu juga bikin stres jadi stres dihajar sama pembuat stres, jadi stres kuadrat, hehe. Engga, deng. Jadinya malah habis manggang, senang karena bisa menghabiskan kukis hasil karya orang stres, hehehe.

Kereviç ini adalah kukis isi kacang walnut a la Antep. Kukis ini biasa dibuat untuk sajian di hari raya. Bahannya seperti nastar tapi hasilnya kukis. Adonan diisi kacang walnut kemudian dicetak dengan cetakan kayu yang banyak dijual di toko swalayan atau pasar. Ibu mertua saya biasa membuatnya. Karena kukis ini termasuk yang enak dan saya sukai, jadilah saya mencoba membuatnya. Resepnya bukan dari ibu mertua, melainkan dari kertas resep yang diselipkan di karton pembungkus telor. Ternyata maknyus juga resepnya. Saya suka, saya suka.

Kereviç, Kukis Isi Kacang Walnut
Bahan:
250 g mentega, suhu ruang
1 telor
1 gelas belimbing gula bubuk
3,5-4 gelas belimbing terigu
1/4 sdt garam

kereviç warteg gaziantep ile ilgili görsel sonucu

İsian:
1 gelas belimbing kacang walnut
1 sdt kayumanis bubuk
1 sdm gula pasir


kereviç warteg gaziantep ile ilgili görsel sonucu


Cara membuat:
1. Siapkan dulu isinya: kacang walnut cincang kasar, gula pasir dan kayu manis diaduk jadi satu. Sisihkan.
2. Campur mentega, telor dan gula bubuk dan garam. Aduk rata. (saya menggunakan tangan untuk mengaduknya).
3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit hingga adonan bisa menyatu, dipulung tapi tetap lembut.
4. Ambil adonan sebesar bola ping pong, ratakan dan isi dengan kacang walnut. Cetak atau bentuk sesuai selera.
5. Tata di loyang dan panggang selama 20-25 menit dengan suhu 180 der C.
6. Keluarkan dari oven jika warna kereviç sudah kecoklatan.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...