Sunday, November 9, 2014

Jurnal Homeschool Bagian 3: Berteman dengan Youtube



Assalamualaikum.

Setelah insiden kecil yang menyebabkan Azra menangis, akhirnya ibu guru mencari cara lain untuk belajar: berteman dengan Youtube. Ada banyak video dan playlist yang bisa dipakai untuk belajar. Yang harus diingat, untuk anak usia dini, ada baiknya ibu guru atau bapak guru menemani saat anak-anak menonton sesuatu di Youtube. Bapak atau ibu guru bisa menjadi fasilitator, bisa jadi tempat bertanya dan bisa meluruskan jika ada yang salah diterima oleh anak-anak.

Buat saya pribadi, belajar jadi lebih mudah dan insiden-insiden bisa diantisipasi sedini mungkin.
Beberapa video atau playlist yang berguna untuk teman belajar anak dan sudah kami tonton adalah playlist Busy Beavers yang berisi pelajaran angka, warna dan huruf berbahasa Inggris. Anak-anak bisa dengan cepat dan mudah memahami warna-warna dalam bahasa Inggris. Azra malah sudah bisa menyebutkan sendiri tanpa diajari ibunya yang mantan guru bahasa Inggris. Duh, ibu terharu, nak. ^_^

Playlist yang saya suka adalah playlist yang mengajarkan dasar-dasar agama. Ada satu playlist yang merupakan kompilasi dari berbagai materi. Ada mengenal huruf hijaiyah, ada cerita anak Islami dan lain-lain. Tidak terlalu membantu tapi bisa mulai diperkenalkan pada anak.

Jika anak bosan, ada juga playlist lagu-lagu anak Indonesia, dari Helly sampai Cit Cit Cuit. Jadi, tanpa masuk ke Taman Kanak-Kanak pun (atau apapun namanya) anak-anak saya cukup mengenal lagu-lagu anak berbahasa Inggris dan Indonesia. Azra hobi sekali bernyanyi. Saya tidak bisa membayangkan kalau saya memasukkan Azra ke TK. Dia bisa bernyanyi 24 jam.

Pilihan lain adalah playlist Thomas and Friends yang pendek-pendek atau Pepee yang durasinya satu jam. Biasanya tidak sampai satu jam, mereka akan beralih ke balok-balok mainannya.

Sekali lagi, pendampingan dan komunikasi sangat dianjurkan dalam model belajar dengan bantuan Youtube. Saya memilih cara ini mengingat anak-anak saya adalah digital natives atau mereka yang dari lahir sudah terbiasa dengan teknologi. Buat mereka, gadget adalah bagian dari hidup. Seumur mereka, saya masih main boneka dan rumah-rumahan; sementara mereka sudah terbiasa sekali menyentuh iPad atau android dan mengubek-ubek isinya. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi untuk kemajuan belajar anak.

Daftar Playlist:
1. Belajar Bahasa Inggris bersama Busy Beavers
2. Cerita dan Lagu Anak Islam
4. Thomas and Friends

Selamat belajar!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...