Thursday, February 5, 2015

Membuat Pupuk Organik Cair dari Limbah Dapur


Assalamualaikum.

Postingan kali ini agak sedikit kotor nih tapi bermanfaat insya Alloh. Sebagai pekebun kece, cieee ngaku-ngaku, sudah sewajarnya saya bergaul sama pupuk. Waktu di Jakarta, pupuk mudah didapat. Bisa minta sama kakek yang tinggal di Bandung atau beli di toko keren dekat kantor jaman dulu.

Selama di Antep, saya sempat bingung cari pupuk. Malah ga pake sama sekali. Berhubung hasil kebon saya segitu-segitu aja, saya carilah cara mendapatkan pupuk organik yang cair yang bisa dibuat dari limbah dapur karena tempat nongkrong saya emang di dapur.


Ketemulah sama si video di mas youtube. Saya lupa judul videonya. Yang pasti itu video tutorial membuat pupuk organik cair dari limbah dapur. Si pembuat malah khusus menggunakan buah-buahan busuk. Misal, kalau mau pupuk aroma jeruk, mereka menggunakan jeruk busuk. Tanpa dicampur. 

Nah, sebagai percobaan pertama, saya menggunakan semua limbah organik dari dapur saya, segala kulit buah dan sayur serta ampas teh (ide buruk!). Hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Tidak terlalu bau sampah, malah dikira minuman sama Ali, haha. Don't try this at home, boy.

Jadi, hal yang pertama yang harus disiapkan adalah kulit buah dan sayur limbah dapur yang dikumpulkan selama 2-3 hari. Bungkus semuanya dalam tas jaring-jaring yang biasa membungkus buah. 

Siapkan air (saya pakai kurang lebih 5 liter air tapi tidak penuh). 

Masukkan si tas jaring berisi limbah organik ke dalam wadah.

Beri gula, kira-kira 1-2 cangkir. Aduk.

Simpan selama 1 bulan dalam wadah tertutup. Aduk sesekali.

Jika sudah pas 1 bulan, angkat tas jaring dan tempatkan pupuk organik cair dalam botol.

Untuk penggunaan, gunakan 1 tutup botol POC ke dalam kira-kira 1 liter air yang dipakai untuk menyiram tanaman di kebun.

Selamat mencoba.

Pupuk Siap Disaring


Pupuk Sudah Disaring
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...