Sunday, March 15, 2015

Bolu Kukus Ubi


Assalamualaikum.

Di Turki sekarang sudah ada ubi. Biasanya, saya ga mau repot, langsung aja goreng tepung. Kali ini mau coba yang lain. Masih ada dua ubi. Setelah ngubek-ngubek resep, ketemu dengan resep Huat Koh. Huat Koh itu bolu kukus juga ya? Tampangnya sih sama. Bisa dari ubi atau labu.

Saya bukan ahli membuat bolu kukus. Seringnya gagal. Kali ini bisa mekar, saya pun takjub. Sebagai catatan, saya tadi menunggu air di kukusan mendidih dulu. Baru saya kukus si bolu-bolu itu. Saya menggunakan ramekin untuk mengukus. Biasanya kalau pake cetakan bolkus biasa, malah ga segitu mekarnya. Apa karena itu ya? 

Nah, silakan dicoba. Mudah-mudahan ada yang berkenan menjawab ^^.

Bolu Kukus Ubi

Bahan:
125 g ubi kukus, haluskan
1 telor
120 g gula pasir
120 ml susu cair
30 ml minyak sayur
180 g tepung terigu
20 g tepung beras
1 1/2 sdt baking powder




Cara membuat:
1. Campur ubi yang telah dihaluskan dengan telor, gula, susu, minyak. Saya menggunakan bantuan chopper utuk menghaluskan. 
2. Tambahkan terigu, tepung beras dan baking powder. Aduk rata.
3. Didihkan air dalam kukusan yang tutupnya dilapis serbet untuk menyerap uap air. 
4. Siapkan cup kertas di dalam ramekin atau cetakan bolu kukus. Tuang adonan hingga penuh.
5. Kukus selama 15 menit.
6. Angkat dan sajikan.

Percobaan kedua, dicampur cokelat bubuk
tapi kurang mantap. Yang asli lebih enak.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...