Tuesday, March 10, 2015

Suntikan Semangat dari Richard Feynman

Assalamualaikum.

Ingat kan saya pernah janji mau menulis tentang Richard Feynman? Tepatnya, saya akan menulis tentang salah satu buku beliau yang sudah saya baca, "Surely you're joking, Mr. Feynman!".

dari wikipedia



Richard Feynman adalah peraih Nobel Fisika tahun 1965. Dia menulis banyak buku. Salah satunya adalah "Surely You're Joking Mr. Feynman!". Buku itu berisi pengalamannya "belajar" dan perjalanannya sebagai seorang fisikawan. İa tak hanya belajar bereksperimen dan berproses menjadi fisikawan yang hebat, tapi juga belajar menjadi "orang lain". İa selami biologi, pelajari bahasa Portugis dan Jepang, melukis, main drum, bahkan menjadi sukarelawan dalam percobaan hipnotisme dan halusinasi.

Saya pertama mendengar namanya dari sesi kuliah di Coursera. Sekali mendengar, saya sudah merasa ada yang luar biasa dari orang ini. Benar saja. Semangat untuk belajar dan menguak hal-hal baru sangat terasa di setiap cerita di dalam buku itu walau dipenuhi dengan istiah-istilah sains. Bahwa kita bisa menjadi apapun kalau kita memang bersungguh-sungguh melakukannya.

Belajar, apapun, adalah sebuah keniscayaan. Hidup adalah proses belajar yang tak pernah usai. Dan semangat untuk belajar sudah sepatutnya diajarkan kepada setiap pembelajar.

Supaya teman-teman ikut semangat, berikut adalah beberapa kutipan dari buku tersebut:

"Learn what the rest of the world is like. The variety is worthwhile."

"İ don't know what's the matter with people. They don't learn by understanding; they learn by some other way -- by rote or something. Their knowledge is fragile."

"All the time you are saying to yourself, "İ could do that, but İ won't." -- which is just another way of saying that you can't."

Buku ini tersedia dalam versi ebook yang bisa diunduh gratis.

Nah, selamat membaca.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...