Wednesday, September 23, 2015

Jurnal Homeschool Bagian 9: Membuat Lacing Card



Assalamualaikum.

Lacing Card, atau Sewing Card, kartu untuk menjahit adalah kartu yang bisa dipakai bermain untuk membantu perkembangan motorik anak dan juga kemampuan visualnya. Kartu-kartu ini bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana.

Seperti kita ketahui, kemampuan motorik mengacu kepada koordinasi mata-tangan dan perkembangan otot-otot halus di tangan. Jika otot berkembang baik, anak akhirnya mampu memegang pensil dan gunting. Kemampuan ini melibatkan kekuatan, kontrol dan ketangkasan.

Kemampuan visual, visual perceptual skills adalah kemampuan memahami apa yang dilihat. Kegiatan-kegiatan yang membantu mengembangkan kemampuan ini menuntut anak untuk terlibat dengan banyak informasi visual, menyusunnya dan kemudian menyelesaikan masalah sesuai perintah. Beberapa contoh kegiatan yang cocok adalah puzzle dan lacing card.

Lacing card mengasah kemampuan anak untuk menemukan lubang-lubang di kartu, menggunakan benang untuk dimasukkan ke lubang, membolak-balikkan kartu untuk memastikan benang sudah masuk, dan mengulang proses itu berkali-kali. Awalnya akan sulit tapi lama-lama mereka menikmati proses memasukkan benang ke dalam kartu yang bentuknya bisa disesuaikan dengan target belajar.

Gambar di atas adalah lacing card yang saya buat untuk dimainkan. Ada yang berbentuk huruf untuk membantu anak-anak mengenal huruf.

Lacing Card
Bahan:
Karton tebal/kardus bekas/karton kemasan/bagian depan buku yang sudah tak terpakai
Gambar dari majalah (bisa binatang atau mobil, dsb)/Gambar huruf/angka buatan sendiri
Lakban transparan/isolasi
Lem
Benang/tali sepatu

Cara membuat:
1. Siapkan alat kerja:
gunting, pembolong kertas, lem, lakban transparan.


2. Siapkan gambar (atau stiker) dari majalah, kalau bisa ukurannya besar. Gunting. (Lebih bagus lagi jika gambarnya disukai anak).
3. Tempelkan gambar pada karton (saya pakai karton bekas kemasan). Gunting lagi.
4. Lapisi gambar tadi dengan lakban bening (supaya awet). Bisa juga dilaminating.


5. Lubangi beberapa titik gambar.


6. Siap dipakai main. Sediakan tali (bisa tali sepatu, saya pakai tali guling yang dirapikan ujungnya).



posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...