Monday, September 14, 2015

Suami Saya Orang Turki


Assalamualaikum.

Suami saya orang Turki, suami kamu orang mana?
Sebenarnya, saya ga pernah bener-bener pengen pamer kalo suami saya orang Turki. Malu. Orang lain yang punya suami orang asing juga biasa aja. Kenapa harus pamer?

Tapi, saya harus mengakui, saya bersyukur, alhamdulillah, sekarang sudah punya suami setelah perjalanan panjang yang melelahkan dan merisaukan sebagai seorang perempuan lajang. Apapun yang terjadi sekarang adalah karunia terbesar dari Alloh swt karena jujur saja, saya sempat takut dipanggil Alloh swt dalam keadaan lajang. Siapa nanti yang akan berdoa buat saya?

Menikah dengan pria Turki bukanlah sebuah keinginan atau cita-cita. Seandainya saya boleh memilih, saya ga akan milih pria Turki. Tapi, ustadz @kupinang pernah bilang "Simpanlah kata "seandainya" di dalam laci lemari dapur. Tak perlu dibuka. Kata "seandainya" hanya bermanfaat untuk merumuskan masa depan, lalu kita secara serius melakukannya. Bukan untuk meratapi masa lalu, bukan pula untuk berpanjang angan-angan." Maka jadilah, saya disini, terus belajar memahami, mengambil hikmah dan mensyukuri semuanya. Ya, semuanya, kesusahan dan kesenangan.

Menikah, dengan pria Turki atau pria dari bangsa manapun adalah sebuah mitsaqan ghaliza. Sebuah perjanjian yang kokoh yang tidak bisa diputuskan begitu saja. Bahkan bercerai adalah sesuatu yang dibolehkan tapi tidak disukai Alloh swt. Perhatikan hadis berikut:
Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir Radiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air. Kemudian ia mengirimkan pasukannya. Yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Salah satu dari mereka datang kepadanya lalu berkata : Aku melakukan ini dan itu. Kamu tidak berbuat apa-apa ! kata Iblis. Kemudian salah satu dari mereka datang dan berkata : ‘Aku tidak meninggalkan orang itu sampai aku berhasil memisahkannya dari istrinya.’ Lalu Iblis memberinya tempat di dekatnya dan berkata : ‘Kamu adalah setan terbaik.’ (HR.Muslim,2813)
Jadi, sekali kita menikah maka itulah taruhannya kelak di hadapan Alloh swt. Kita akan ditanya tentangnya.

Menikahi pria asing, terutama pria Turki, mempunyai banyak konsekwensi yang harus kita hadapi, suka tidak suka, mau tidak mau. Konsekwensi tersebut, diantaranya:

1. Jika kita dulu adalah perempuan bekerja, setelah menikah dan pindah ke Turki, kita mungkin tak bisa bekerja seperti dulu. Waktu kita akan banyak dihabiskan di rumah. Bosan, iya, tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah.

Setelah menikah, prioritas utama seorang perempuan tentunya adalah keluarganya. Jadi, jika tak bekerja lagi pun seharusnya tak masalah. Bukankah tempat perempuan adalah di rumah?
“Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumah-rumah kalian..." (QS Al Ahzab: 33)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).

2. Jika kita pernah menjadi perempuan mandiri yang pergi melanglang buana sendirian, maka ketika sudah menikah, ada suami yang siap menemani. Saya belum pernah pergi tanpa suami. Suami saya tidak melarang saya pergi sendiri tapi juga tidak membiarkan. Buat saya hal itu malah menjadi sebuah keuntungan. Ia akan menyempatkan waktu mengantar saya ke pasar, ke rumah teman sesama WNI di kota kami, atau kemanapun yang saya mau. Daripada pergi sendiri, lebih baik pergi dengan suami. Lagipula, tuntunan Islam soal perempuan keluar rumah pun sudah jelas,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan:
“Wanita itu aurat maka bila ia keluar rumah syaitan menyambutnya.” (HR. Tirmidzi)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak boleh seorang wanita safar kecuali bersama mahramnya.” (HR. Muslim 1341)

3. Jika kita di rumah saja dan punya banyak waktu berselancar di dunia maya maka yang harus kita perhatikan adalah hati kita. Jangan sampai hati kita terkena penyakit hati seperti iri, dengki, berburuk sangka pada orang lain, ingin dipuji atau dihormati. Jangan sampai kita senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang. Tapi, kalau penyakit hati telanjur menghampiri maka ingatlah obat hati:

Obat hati ada lima perkaranya, yang pertama, baca quran dan maknanya. Yang kedua, shalat malam dirikanlah. Yang ketiga, berkumpullah dengan orang soleh. Yang keempat, perbanyaklah berpuasa. Yang kelima, dzikir malam perbanyaklah.

Carilah teman yang positif dan bisa mengingatkan, bukan menjerumuskan. Kalau harus melulu online, pastikan kegiatannya adalah yang bermanfaat untuk diri sendiri dan sesama.


4. Jika kita dulu adalah seorang perempuan lajang yang tak diwajibkan bersih-bersih rumah, mengurus rumah atau melakukan pekerjaan rumah tangga, maka setelah menikah, apalagi dengan pria Turki, kita bertanggung jawab atas rumah dan seluk-beluknya. Kita harus tahu kapan waktunya membersihkan rumah, kapan waktunya mencuci karpet, kapan mencuci tirai-tirai, dan sebagainya.




Soal kebersihan adalah soal penting bagi orang Turki walau standarnya bervariasi. Ada orang yang sangat bersih sehingga ia harus bebersih setiap hari. Ada orang yang seminggu beberapa kali membersihkan rumah. Ada pula yang lebih santai, yang penting bersih.

Sepertinya tidak perlu kita meributkan soal bersih-bersih ini karena tuntunan dalam Islam pun sudah jelas. (Lihat foto di atas). Yang penting adalah bagaimana kita beradaptasi terhadap kebiasaan bersih-bersih keluarga yang menjadi bagian dari hidup kita sekarang.


5. Jika kita adalah pribadi tangguh tanpa pernah mengeluh, setelah menikah ada saja yang bisa dijadikan bahan keluhan karena perbedaan situasi dan kondisi yang mencolok. Maka yang harus kita kuasai sebenarnya adalah ilmu beryukur.

Saya bukanlah orang yang ujug-ujug pandai bersyukur. Butuh proses dan pemahaman yang panjang. Butuh banyak orang soleh dan solehah yang membantu saya melalui prosesnya. Butuh kesadaran diri dan rasa menghamba pada Alloh swt. Bukan sebuah proses yang mudah tapi sangat berharga untuk dicoba.
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)



Ilmu bersyukur ini terbukti ampuh menghadang segala keluhan yang tadinya akan saya tumpahkan kepada semua orang yang saya kenal. Jadi, jika mood mulai jelek, ingatlah untuk banyak bersyukur.


Orang-orang baru dalam hidup
Sebelum menikah, kita mungkin hanya fokus pada diri kita sendiri. Setelah menikah, fokus kita pun ditambah. Ada suami yang harus diurus dan ada anak-anak, kelak, yang harus dididik. Mereka menjadi bagian dari hidup kita sesudah kita menikah.

Suami, adalah orang "asing" yang kemudian melalui pernikahan, menjadi imam dan pelindung kita, yang jika kita tak menurutinya maka bisa fatal akibatnya.
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak (enggan terhadapnya), maka penghuni langit murka kepadanya hingga suaminya ridha kepadanya.” (HR. Bukhari no. 5194 dan Muslim no.1436)
Suami juga merupakan jalan kita, istri, menuju surga.
Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Sungguh berat untuk taat kepada orang yang sebenarnya adalah orang lain. Sungguh berat untuk mengalahkan ego sebagai perempuan yang pernah tangguh dan mandiri untuk tunduk dan taat kepada suami, apalagi jika suami mungkin tak seperti yang kita harapkan. Sungguh berat hidup dengan segala aturan-aturan darinya yang bahkan ayah kita pun tak menerapkannya. Tapi, selama ia adalah suami yang soleh dan taat kepada Alloh swt, tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikannya.

Selain suami, ada pula mertua, ipar-ipar dan mungkin juga ponakan-ponakan dengan berbagai karakter dan tabiatnya. Jika kurang ilmu, kehadiran mereka bisa menjadi sumber masalah yang cukup merepotkan.

Ibu mertua yang dominan dan mungkin bisa berulang kali membuat kita kesal adalah ibu dari suami kita dan ia berhak atas suami kita (anaknya). Wajar jika ia cemburu. Wajar jika ia kuatir berlebihan.
dari Aisyah r.a. berkata:
“Aku bertanya kepada Nabi Muhammad saw., siapakah manusia yang paling berhak atas seorang wanita?” Jawabnya, “Suaminya.” “Kalau atas laki-laki?” Jawabnya, “Ibunya.” (HR Ahmad, An Nasa'i) 
Lagi-lagi, bukan soal yang mudah untuk menerima. Apalagi jika ibu mertua mempunyai karakter yang unik. Butuh banyak kesabaran dan pengertian untuk bisa menghormati beliau.

Belum lagi kehadiran tetangga kanan kiri atas bawah yang bisa jadi tak semuanya cocok dengan kita. Hanya Alloh swt yang bisa membolak-balikkan hati. Hanya sabar yang bisa membantu kita menahan diri.


Selamat menempuh hidup baru
Kehidupan setelah menikah adalah hidup yang benar-benar baru. Kita harus kembali menyesuaikan diri, apalagi jika suami kita adalah orang asing (dalam hal ini, orang Turki dengan segala keunikan budaya dan kebiasaannya) dan tinggal di negara asing.

Tak selamanya mendung itu kelabu. Tak selamanya hidup penuh dengan kesulitan. Tak selamanya pula hidup berhias kesenangan. Ada kalanya ujian dan cobaan datang. Bahkan perilaku kita pun bisa mengundang datangnya bencana.
Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS An Nisa: 79)
Sebagai penutup,

Bahagia adalah dedaunan bermandikan cahaya mentari
Duka adalah embun yang terbang di ujung pagi
Cinta adalah keduanya
Hidup adalah bersamanya 

Semoga bermanfaat.

26 comments:

  1. Asslmkm mba,
    Saya mau tanya..
    Kalau kita nikah sama Pria WN turki, dan kita tinggal di Indo,
    Menurut Mba nya, nanti apa kewarganegaraan anak kita???

    Makasih sebelumnya mba, wassalam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaykumusalam wr wb.
      klo sy tdk salah,
      anak dr wn turki akan mjd wn turki jg walau lahir di negara lain.

      klo mba mau anak wni, bs diurus kok. jd tgl dipilih.

      tapi skrg smp si anak berusia 18 (maks. 21), dia punya wn ganda, turki & indonesia. nti pas 18, dia hrs milih mau jd wn mana.

      begitu kira2, mba. :)

      Delete
    2. Assalamualaikum mba..
      Mba mau nanya wanita di turki jika sudah menikah apa tidak boleh bekerja, mohon info nya trimakasih mba 😊😊

      Delete
    3. Wa alaykumusalam warahmatullah. Tergantung kesepakatan dg suami msg2. Pd dsrnya boleh dan bisa, tinggal nanti mengurus ijin kerja yg beda dg ijin tinggal. Kalo ijin tinggalnya dr awal adl ijin tinggal keluarga (ikut suami), ada tulisan "tidak boleh bekerja".
      Tapi bukan berarti tdk bs punya kegiatan yg menghasilkan. Ada byk teman wni yg menikah dg org Turki bisa "bekerja" non-formal dan menghasilkan. Kerja d rmh dan ga perlu urus ijin kerja.

      Ini khusus utk wni yg menikah dg org Turki. Utk perempuan turki ya bisa aja kerja.

      Semoga menjawab, yaaa :)

      Delete
  2. assalamualaikum kk, aku punya pacar orang turki tapi baru 5 bulan berjalan dan dia blm bisa ke indonesia karna alasan usahanya tidak bisa ditinggal,

    yang mau saya tanyakan bagaimana budaya orang turki masalah keuangan? pelit atau tidak karna saya tidak suka orang pelit, budaya keluarga saya sangat royal apalagi dengan keluarga.

    bagaimana cara mengetes pacar saya pelit atau tidak?
    dan dia benar serius dengan saya atau tidak bagaimana cara mengetesnya?, mohon pencerahannya, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaykumusalam warahmatullah.
      Soal pelit atau engga, sama aja spt di Indonesia. Ada yg pelit. Ada yg ga pelit. Saya ga paham jg gmn cara ngetesnya. 😊

      Klo soal serius atau engga, diliat aja perkembangannya. Klo serius biasanya tanpa banyak cakap, dia muncul di depan kamu. Tapi klo dia byk alasan, lupain aja. Cari lagi yg lain.

      Coba baca buku Hes Just Not That Into You karangan Greg Behrendt.

      Semoga jawabannya mencerahkan.
      😉😉

      Delete
  3. Ha,,ha,,sangat menyenangkan jika bicara ttg pria turkey,,dan yang paling saya suka pertanyaan non safa rina,,lucu,,lucu,,salam kenal mbak penulis blog,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak Suzie. Ga semuanya menyenangkan sih :)

      Delete
  4. Assalamualaikum. Mbak saya mau bertanaya ttg menikah dgn pria turki di indoensia. Apakah syarat2 nya
    Terus apabila setelah menikah, saga tinggal di turki apa saja yang harus di urus. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaykumusalam. Bisa dilihat di postingan ini: https://warteggaziantep.blogspot.com/2013/11/menikahi-pria-turki-persiapan.html?m=0

      Setelah menikah dan tgl di turki, silakan urus ijin tinggal, bisa liat di postingan berlabel "perkawinan indonesia-turki" di sebelah kanan blog ini, yaa.

      Karena sudah lama sy ga apdet jadi mungkin informasinya msh harus dicek dan ricek kembali. Semoga bermanfaat.

      Delete
  5. Assalamualaykum mba..klo boleh tau mba kenal suami di mana? Ada shock culture kah?

    Wa alaykumusalam. Sy kenal di Jakarta. Culture shock, sekecil apapun, pasti ada. Kalo ga ada, gakan ada tulisan ini, :))

    Mohon maaf, postingan ini terhapus. Semoga terjawab di sini, yaa.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Mbak berarti kl nikah sma orang turki, si wanita wni tdk boleh bekerja scra formal ? Krn sya berpikiran utk ikut kerja nanti kl sudah di turki, meski tgl sama suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaykumusalam.
      Klo ikametnya (ijin tinggal) adl ijin tinggal keluarga, kemungkinan besar, ga bisa kerja. Kecuali kalo mau bikin working permit.

      Delete
  7. mbak, saat ini saya sedang dekat dengan pria turki (satu kota dengan saya di medan-indonesia) , agak bad guy sih.. tapi demen banget dia ngurussin hidup saya.. dari mulai komenin saya harus bersih2.. ngomentarin kerjaan saya, sampe saya disuruh belajar masak makanan turki krn dia ga cocok sm masakan indonesia.. | kami ketemuan setiap hari minggu, saat dia bisa keluar dari kapal di seaport (krn dia bertugas sebagai pelaut) | 2x pertemuan terakhir dia selalu vcall_in saya dengan ibunya... | ibunya suka sama saya...

    masalahnya adalah : mau nanya pendapat nya mbak...
    1. kira2 tanda cowo turki jatuh cinta sama saya, itu gimana mba? krn dia bilang, di not want to getting married soon. . tapi sikapnya ke saya so protective banget.. dan udh ceritain saya macem2 ke ibunya...
    (baperrr nih saya)..
    2. saya type yg susah percaya sama orang... tapi cepet merasa kasihan... jadi sering banget dimanfaatin org lain... || nah, kira2 cowok turki itu kapan sih dia bener2 mw terbuka ttg dirinya ke cewe yg dia sukain?.. jujur sampai saat ini, saya aj ga percaya klo nama dia yg skrg beneran adalah nama aslinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dia serius, ya hrsnya cpt disahkan. Jgn kbanyakan gaya begitu, yaaa. Coba baca buku He is just not that into you. Saya pernah juga bikin ulasannya. Lihat di label Dari Buku. Menurut penulisnya, lihat laki2 dari tingkah laku, bukan dr lisannya. Dia bs ngomong dari A smp Z tp klo gada realisasi dan tanda2 dia akan menikahi kamu, jgn buang waktu. Tinggalin. Cari yg lain.

      Sebelum bener2 serius, bisa dipertimbangkan kembali. Belum menikah, kelakuannya udh ngatur begitu. Apalagi nanti setelah menikah? Mungkin lebih parah lagi?

      Kata Oprah, kalo ragu, jangan. Doubts mean dont. Jadi, kalo udh ada rasa ragu dlm hatimu, bisa jadi itu instingmu yg sedang "memberitahu", dia bukan yg tepat untukmu.

      Wallahualam.

      Semoga ga baper lagi yaaa :))

      Delete
  8. Assalamualaikum mbx mau nanya,,sy ada kenal pria Turki dia air force gitu di gaziantep,, dia sopan banget,, cuma sy ragu mau banyak bertanya, apakah pria Turki itu welcome dgn cew yg baru di. Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaykumusalam.
      Soal welcome atau engga, kembali kepada kepribadian si pria tsb. Kalo dia tipe yang supel, dia akan mudah terbuka pd org lain.

      Dijalani aja dulu, mba. Nanti akan keliatan sendiri. Gitu kira2.

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum mbk saya baru kenal sama orang turki dia bilang ingin menikahiku..saya bertanya kalau kamu benar ingin nikah dengan saya datanglah ke indonesia..dia menjawab beri aku waktu.apakah dia serius dengan ucapannya itu terimakasih mbk

    ReplyDelete
  11. Asslamualaikum mbak, saya sedang menjalin hubungan dengan orang Turkish, dia mau menikahi saya, keluarga dari pihak Turkish sudah setuju bahkan mau membiayai ongkos dari Indonesia ke turkey and come back to Indonesia, saya juga juga sudah kenal baik dengan ibunya, ipar, kakak, ponakan.
    Masalahnya orangtua saya tidak setuju karena takut saya kenapa2 disana.
    Bagaimana ya mbak meyakinkan orangtua saya? (Sedih😔)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu meyakinkan orang tua. Ikuti aja apa kata mereka. Kamu pasti sedih. Pasti. Tapi sebentar. Nangis, sebentar. Nanti pasti lupa.

      Rumus saya adl jodoh itu mudah. Kalo emg jodoh, tau2 besok nikah. Tanpa repot meyakinkan berbagai pihak.

      Jadi, lupakan pria turki yg blm tentu jodohmu dunia dan akhirat. Ikuti kata org tua. Berbakti pd orang tua itu jauh lebih baik.

      Delete
  12. Assalamualaikum. Mbak sy mau tanya. Kalau saya tinggal di turki, apakah banyak org indonesia disana. Komunitas2 atau kumpulan. Karna pasti akan bosan dan rindu ttg indonesia.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum mbak, ketemu sama suami sampai menikah itu kira-kira berapa lama mbak?
    oh iya benarkah kalau orang turki yang serius itu akan mengenalkan calonya dengan keluarganya?
    Karena saya sedang mengalami dekat dengan pria turki cukup lama, dia saya menikah dengan dia namun ketika saya ingin dia memperkenalkan saya ke keluarganya dia bilang bahwa ayah dan ibunya telah meninggal, sementara 3 saudaranya meninggalkan dia. belum lagi dia bilang bahwa saudarnya merupakan orang yang sangat buruk. hmm menurut saya ini ganjil sih, mungkin mbak memiliki pendapat lain?

    ReplyDelete
  14. Kak,aku mau Tanya Tanya nih,bisa bagi kontak atau email atau akun sosial media nya gk Kak?
    Soalnya kalau mau nanya di sini,pertanyaan nya rada sensitif
    Makasih kak

    ReplyDelete
  15. Kak saya mau bertanya, saya kenala dengan pria turki udah setahun, dari awal kenal memang dia tujuannya cuman berteman dan gak ada signal sama sekali untuk menikah, tai dy selalu menghubungi saya, kadang kala dia mengatakan "I love you' dan saya tidak tau maksud dan tujuan dia berkata begitu apa, terus giliran di tanyak soal pacaran katanya masih belum siap buat hubungan LDR, ini tipe pria turki PHP atau memang suka bikin baper anak orang 🤣

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...