Wednesday, October 14, 2015

Roti Jala dan Kari Ayam



Assalamualaikum.

Roti jala dan kari ayam. Nyam nyam nyam. Pengen banget makan roti jala. Sekali ngetes, sukses berantakan. Ternyata tidak mudah membuat roti jala. Kita memerlukan cetakan untuk membentuk roti jala yang bentuknya seperti cangkir dengan lubang yang banyak. Alhamdulillah, Ghina bawain cetakannya dari Aceh. Komawo Ghina-ssi.

Jadilah si roti jala yang tetap saja belum mirip jala, hehehe. Practise makes permanent. Besok-besok, kita bikin lagi, yaaa.

Roti Jala dan Kari Ayam
Kari Ayam
Bahan:
Ayam (biasanya saya pakai 10 potong bagian sayap)
1 buah bawang bombay, cincang halus
1 buah bawang merah
3 siung bawang putih, parut
1 sdm kari bubuk (saya gunakan merek bağdat, untuk Turki dsk)
1 sdt jahe bubuk
1 sdt kunyit bubuk
3 butir cengkeh
2 sdt cabe bubuk
1 sdt merica bubuk
2 lembar daun salam kering
2 lembar daun jeruk
1 liter air
Garam
Gula
1 sdm tepung pati (saya pakai mısır nısastası)

Cara membuat:
1. Tumis bawang dan bumbu bubuk hingga harum.
2. Masukkan ayam, masak hingga ayam kaku.
3. Tuangkan air dan susu. Kadang saya hanya pakai air saja.
4. Beri garam, gula dan merica.
5. Masak hingga matang.
6. Kentalkan dengan tepung pati yang dilarutkan dengan sedikit kuah.

Roti Jala
(adaptasi dari Roti n Rice)
Bahan:
1 cup terigu (150 g)
1/4 sdt kunyit bubuk (saya pakai saffron)
1/4 sdt garam
1 telor
3/4 cup santan (saya pakai susu)
3/4 cup air

Cara membuat:
1. Campur susu dan air serta saffron, didihkan. Saring.
2. Campur terigu, garam dan telor. 
3. Tuang air ke dalam terigu, sedikit demi sedikit, aduk rata. Saring.
4. Siapkan wajan, olesi dengan sedikit minyak.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan roti jala dan buat bentuk jala di atas wajan.
6. Tunggu hingga matang, angkat.
7. Sajikan bersama kari ayam.


posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...