Wednesday, April 13, 2016

Gemblong



Assalamualaikum.

Tega adalah orang yang pamer foto makanan tanpa resepnya. Kan kita jadi pengen, yak. ^_^ Tapi jangan sedih, tinggal browsing, insya Alloh ketemu resep yang kita cari.

Eh tapi kalo mbok warteg pernah pamer foto tanpa resep, mohon dimaafkan yaaa.

Kali ini makanan yang bikin ngiler karena dipamerin di medsos adalah gemblong. Yak, jajanan rakyat jelata yang ngangenin ini ternyata cukup mudah dibuat. Alhamdulillah masih ada bahan untuk membuatnya. Jadi mari membuat gemblong. Resepnya sudah dimodifikasi supaya cocok dengan suasini hehe. Selamat mencoba.

Gemblong
(adaptasi dari Sajian Sedap)
Bahan:
200 g tepung ketan putih
50 g kelapa kering
125 ml susu, bisa ditambah jika perlu
Sedikit garam
Minyak untuk menggoreng

100 ml molases
2 sdm gula pasir

Cara membuat:
1. Campur tepung ketan, kelapa kering dan garam.
2. Tuang susu ke dalam campuran tepung ketan sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung.
3. Bentuk adonan bulat lonjong pipih.
4. Goreng dalam minyak panas di atas api kecil hingga kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan.
6. Masak molases dan gula pasir hingga mendidih. Masukkan gemblong, aduk rata.
7. Angkat dan sajikan.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...