Friday, June 10, 2016

NGAJI di WARTEG: Buka Bersama, Kultwit oleh Ustad @abdullahhaidir1


Assalamualaikum.

Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Sudah dapat undangan buka bersama belum nih? Hehe. Senang ya kalau bisa buka bersama tapi ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tercantum dalam kultwit berikut ini. Semoga bermanfaat.



"@abdullahhaidir1: Asslaamualaikum twips.... Ramadan mubaarak... Sambil berpuasa kita ngaji yuk twips... yg sibuk boleh diintip sekali2...:)"

"@abdullahhaidir1: Kita bicara ttg "Buka Puasa". Moment yg indah bagi orang berpuasa dan hanya dirasakan oleh mereka yang berpuasa..."

"@abdullahhaidir1: Bukan hanya masalah karena kita lapar kemudian tersedia hidangan di depan mata kita, tapi lebih dari itu, krn dia adalah bagian dari ibadah."

"@abdullahhaidir1: Benarlah sabda nabi.. orang yg berpuasa memiliki dua kegembiraan; Gembira ketika berbuka, dan gembira ketika berjumpa Tuhannya..."

"@abdullahhaidir1: Namun ada beberapa hal yang penting untuk diingat... agar berbuka kita lebih bermakna... inipun sebagai pengingat bagi diri saya.."

"@abdullahhaidir1: Sekaligus hal ini untuk membedakan buka puasa kaum syiah yang baru berbuka jika malam telah gelap..."

"@abdullahhaidir1: Menyegerakan makan berbuka dlm bhs Arab itu disebut ta'jil... jadi ta'jil bkn jenis makanan utk buka puasa... tapi sikap segera berbuka.."

"@abdullahhaidir1: Maaf... tadi ada yg typo...maksud saya; - Berbukalah dengan segera jika telah dipastikan waktu maghrib tlah tiba.."

"@abdullahhaidir1: Sunah berbuka lainnnya adalah mengawali berbuka dg ruthab, yaitu kurma yg belum masak, tapi sudah enak dimakan. Warnanya kuning atau merah."

"@abdullahhaidir1: Jika tdk ada ruthab, baru dengan korma spt yg kita kenal. Jika tidak ada, maka beliau minum beberapa teguk air putih/bening..."

"@abdullahhaidir1: Jadi yg kurang tepat di sebagian masyarkat adalah pemahaman, kalau tidak ada kurma, penggantinya adalah kolak atau es cendol...:)"

"@abdullahhaidir1: Dari segi kesehatan cara berbuka Rasulullah saw ini sangat baik, asupan pertama setelah berpuasa diisi oleh makanan yg bermanfaat..."

"@abdullahhaidir1: Maksud saya bukan tidak boleh berbuka pake kolak atau makanan lainnya... hanya saja, yg terbaik, kalau tdk ada korma adlah air putih.."

"@abdullahhaidir1: Sisi lain yg penting diperhatikan dlm berbuka adlh kesederhanaan.... Berbuka puasa bkn melampiaskan lapar haus yg tertahan sejak shubuh."

"@abdullahhaidir1: Jadi bukan hanya saat berpuasa saja kita diperintahkan menahan diri... saat berbuka pun, hendaknya kita tetap menahan diri..."

"@abdullahhaidir1: Berlebih2an saat berbuka bak sebuah pesta, bukanlah sikap bijak dn tdk baik di tinjau dr apapun; Syar'i, kesehatan, ekonomi maupun sosial"

"@abdullahhaidir1: Alangkah baiknya anggaran berbuka, apabila besar, dikurangi dan dialokasikan utk keperluan yg lebih penting, atau disadaqahkan..."

"@abdullahhaidir1: Sering terjadi, aneka ragam makanan saat berbuka, sebagiannya berujung di tempat sampah, atau memberatkan kita utk taraweh, dll."

"@abdullahhaidir1: Hal yg juga perlu diwaspadai dlm hal ini adalah budaya buka bersama. Perlu disadari, secara khusus, tdk ada sunah buka bersama..."

"@abdullahhaidir1: Dari sisi kebersamaan, persaudaraan, silaturahim, buka bersama memiliki nilai positif... namun tetap tdk boleh melampaui batas..."

"@abdullahhaidir1: Hal2 yg harus diperhatikan dlm buka bersama; Shalat hrs tetap dijaga, upayakan berjamaah, makan jgn berlebihan dan taraweh jgn ditinggalkan"

"@abdullahhaidir1: Sayang sekali, kalau atas nama buka bersama, kita tinggalkan kesempatan mulia di bulan mulia... kalau bisa, buka bersama sekalian taraweh..."

"@abdullahhaidir1: Praktek buka yg kurang bijak; buka puasa di hotel2 dn restoran mewah dgn harga mahal, sangat jauh dari pesan puasa ttg utk membangun empati"

"@abdullahhaidir1: Perkara lain dlm masalah berbuka yg penting dievaluasi adalah mengisi waktu pra dan pasca berbuka dg menyaksikan tontonan televisi..."

"@abdullahhaidir1: Waktu menjelang berbuka adalah waktu yg mahal; dpt digunakan utk tilawah, berzikir dan berdoa, atau bercengkrama dgn keluarga..."

"@abdullahhaidir1: Jk ada kemungkinan berbuka bersama keluarga, jangan disia2kan. Jika itu mudah dilakukan, jangan lupa bersyukur yg banyak, kesmpatan berharga"

"@abdullahhaidir1: Betapa banyak org yg ingin berbuka bersama keluarga, namun tak berkesempatan krn berbagai kondisi. Maka jk hal itu kt dapatkan bersyukurlah"

"@abdullahhaidir1: Ingatkan keluarga, anak2, utk mensyukuri hal ini, apalagi jk berbagai kemudahan didapatkan, di saat banyak org kesulitan dan nestapa.."
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...