Wednesday, August 10, 2016

Jurnal Homeschool Bagian 25: Membuat Istana Huruf Besar-Kecil dan Kegiatan Lainnya




Assalamualaikum.

Membedakan huruf besar dan kecil bukanlah perkara mudah untuk anak-anak. Setelah pohon apel alfabet yang dulu berisi huruf besar, saya perlu membuat lagi untuk huruf kecil. Tapi bukan pohon apel lagi. Pohon duren, mungkin? Hahaha.

Kali ini saya membuat istana huruf besar dan kecil supaya anak-anak bisa melihat langsung bedanya. Tadinya mau buat kereta tapi kayaknya ga sanggup bikin gerbong satu-satu dan lokasi menempelkannya kurang pas. Jadi si istana adalah pilihan yang tepat. Ini bukan karena rajin dan untuk melaksanakan homeschool harus rajin loh yaaa. Ini karena saya ga menemukan poster yang saya perlukan, maka saya pun membuatnya sendiri. Begitulah.

Membuat Istana Huruf Besar-Kecil
Bahan:
Kertas hvs putih yang dipotong kotak, saya pakai template dari class templates.
Crayon/spidol untuk menulis huruf
Glutack untul menempelkan huruf
Gunting
Selotip
Karton

Cara membuat:
1. Tuliskan huruf besar dan kecil di kertas yang sudah dipotong.
2. Buat istana dari karton.
3. Tempelkan huruf-huruf di atas istana.
4. Setelah istana ditempel di dinding, beri kertas kerja melingkari huruf kecil (saya adaptasi dari jumpstart).


5. Setelah itu, gunting huruf besar dari kertas kerja, ajak anak-anak menyusun huruf dan menuliskan huruf kecil di buku tulis. Jika mereka mengalami kesulitan, mereka bisa melihat istana huruf besar-kecil.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...