Wednesday, September 28, 2016

Langkah-Langkah Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak-Anak di Rumah


Assalamualaikum.

Kemarin, ada teman yang bertanya apa yang harus diajarkan dulu kalau kita akan mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Apa saja materinya? Teman ini memutuskan untuk mengajari sendiri anaknya bahasa Inggris karena mulai tahun depan si anak sudah mulai belajar bahasa Inggris di sekolah dan tidak masuk akalnya biaya kursus bahasa Inggris di Turki.



Saya pun sempat kebingungan ketika mulai belajar bersama anak-anak. Sebelumnya saya pikir saya belum akan mengajari anak-anak bahasa Inggris karena belum terlalu penting. Tapi karena anak-anak sudah banyak menonton yutup, pelan-pelan bahasa Inggris menjadi bagian dari pemerolehan bahasa mereka. Saya bahkan sempat takjub ketika Azra bisa menyebutkan warna-warna dalam bahasa Inggris, hasil menonton chanel Busy Beaver di yutup. Masya Alloh.

Suatu hari, saya menemukan buku pelajaran bahasa Inggris yang cukup langka di Turki (gambar di atas). Akhirnya buku itu saya pakai untuk mengajarkan kosakata sambil juga meneruskan "perkenalan" anak-anak dengan bahasa Inggris lewat yutup dan buku cerita berbahasa Inggris yang saya bawa dari Jakarta.


Menurut Britisih Council,

Which words and phrases should I teach first?
Consider your child’s interests and personality when deciding which topics to teach, and let your child help you to choose. You may like to start with some of these topics:
numbers (1–10; 10–20; 20–100)
colours
adjectives (e.g. big, small, tall, happy, sad, tired)
the body
toys
clothes
animals (e.g. pets, farm animals, wild animals)
food

Saya pun akhirnya mendasarkan pelajaran bahasa Inggris yang membutuhkan bimbingan pada petunjuk britcon. Pelajaran bahasa Inggris ini hanya seminggu sekali, ditambah video-video, game, cerita dan sebagainya, yang bisa diakses kapan saja. Cara ini terbukti ampuh untuk menambah dan mempertahankan kosakata serta melatih memproduksi ungkapan-ungkapan yang mereka dapat dari media.

abc phonics bisa diunduh di applestore

Selain itu, saya membuat poster-poster yang bisa menambah semangat belajar bahasa Inggris. Poster-poster ini bisa juga dibeli, sesuai kebutuhan.

Ada juga situs-situs yang membantu menyediakan bahan belajar bahasa Inggris, seperti:

Jumpstart.com
K5
pbskids.org

Semoga bermanfaat.
Selamat belajar. ^_^
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...