Monday, November 14, 2016

Gochujang



Assalamualaikum.

Sudah lama pengen bikin bibimbap atau budae jjigae dan makanan Korea lainnya. Tapi ga punya gochujang, pasta cabe Korea. Begitu tau gochujang bisa dibikin sendiri, langsung deh bikin. Bahannya juga ga terlalu susah walau ga persis sama seperti gochujang asli. Namanya juga usaha ya, bu. ^_^ Tapi gochujang rumahan ini alhamdulillah bisa dipakai untuk membumbui bibimbap dan budae jjigae. Jadi ga susah lagi kalo pengen masak makanan Korea.

Gochujang

(adaptasi dari Dapur Yushima)
Bahan:
3 sdm tepung ketan putih
4 sdm cabe bubuk
1,5 sdm gula pasir
5 sdm kecap asin (saya ganti 1 sdm garam)
2 sdm cuka (saya pakai cuka anggur)
4 sdm air matang (atau hingga kekentalan yang diinginkan)

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali garam. Aduk rata.
2. Masukkan garam sedikit-sedikit sambil menyesuaikan rasa. 1 sdm buat saya sudah sesuai selera.
3. Simpan dalam wadah tertutup dan biarkan di suhu ruangan. Tidak perlu disimpan di lemari es.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...