Friday, November 11, 2016

NGAJI di WARTEG: Tumbuh-Tumbuhan yang Baik



Assalamualaikum.

Alhamdulillah. Tahun ini kami masih bisa menikmati hasil kebon yang ala kadarnya. Sejak tanaman terkena hama, saya memang kehilangan semangat untuk ngebon lagi. Maunya semua dipangkas dan dibersihkan. Tapi, satu pot jahe, kunyit dan temu kunci saya biarkan hingga cukup waktu untuk dibongkar. Akhirnya di ujung Oktober, mereka pun saya "panen".



Hasilnya memang tak seberapa tapi cukup untuk kebutuhan dapur. Yang menakjubkan adalah temu kunci (fingerroot) yang alhamdulillah cocok ditanam di Antep. Saya pun bingung dengan kunci sebanyak itu. Diapain ya?

Untuk mengatasi masalah hama yang masih membuat trauma (ceileee), saya menggunakan cabe yang dipotong dan dicampur dengan air secukupnya dan disemprotkan ke daun-daun tanaman. Kalau masih ada sisa air cabe, siramkan ke bagian akar. Selain itu seminggu sekali saya membuat air campuran baking soda untuk menyiram tanaman. Alhamdulillah seledri bisa tahan dari selaput-selaput hama dan tumbuh lebih subur.

Sebelum dibongkar

Usai panen, saya mencuci hasil kebon sambil memandanginya, bagaimana caranya akar tanaman itu menjadi berisi dan harum baunya? Bagaimana bisa kalau tanpa ijin Allah swt? Allahu akbar! Sungguh selalu ada hikmah bagi orang-orang yang mau berpikir. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ngebon! ^^!

Sesudah dibongkar
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...