Monday, November 21, 2016

Kacang Merah



Assalamualaikum.

Kacang merah.
Di Turki namanya barbunya.
Tapi di Jepang, ada juga kacang merah, namanya azuki bean.
Pas kemaren beli barbunya, ketemu juga sama kırmızı fasulye. Langsung galau, jadi yang buat pasta kacang merah itu kacang merah yang mana? Tanya sama paksu, jawabannya ga memuaskan. Bertanyalah saya pada mbah gugel dan ngubek-ngubek wikipedia.

Komen paksu:
Cuma beli kacang merah aja, kamu bikin sejarah kacang-kacangan.

Komen saya:
Hey, I am being scientific here.

Hahaha, lebay.



Hasil ngubek-ngubek wikipedia

Kembali ke kacang merah. Kalo saya mau bikin pasta kacang merah, pake kacang merah yang mana?

Sebenernya sih saya akan memilih barbunya dan memang udah pernah bikin juga, untuk isi roti dan bakpia. Rasanya lumayan lah walau ga yakin juga apa sama dengan anko (pasta kacang merah) dari azuki bean.

Ternyata, si azuki bean berada di kelompok suku yang berbeda dengan si barbunya walau sama-sama merah. Azuki bean adalah suku Vigna, sementara barbunya adalah suku Phaseolus. Suku Phaseolus memang punya banyak varietas, di antaranya, kidney bean (yang merah juga) dan green bean (string bean). Termasuk di dalamnya adalah barbunya yang bernama lain cranberry bean (bukan yang nyanyi Zombie loh ya). Cranberry bean banyak digunakan dalam masakan khas Mediterania.

Azuki bean masih satu suku dengan mung bean (kacang hijau) dan black-eyed peas yang di Turki dikenal dengan nama börülce. Bentuk si börülce ini sekilas mirip kedelai. Bisa salah beli kalo ga merhatiin "mata hitamnya".

Nah, si kırmızı fasulye yang juga berwarna merah itu berada di suku Glycine (soy bean). Jadi tidak satu suku dengan cranberry bean dan azuki bean walau sama-sama merah, merahnya beda juga sih.

Mau tau kacang tanah ada dimana? Kacang tanah (peanut) termasuk suku Arachis.

Walau berbeda-beda suku, warna dan rasa, mereka semua berada dalam keluarga (Family) yang sama: Fabaceae.

Jadi, kalo hendak membuat pasta kacang merah, seperti di Jepang, pakailah azuki bean. Kalo ga ada, gunakan cranberry bean atau kidney bean.

Demikian pelajaran biologi hari ini. Semoga bermanfaat. ^_^
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...