Friday, November 18, 2016

NGAJI di WARTEG: Makan dan Minumlah, dan Janganlah Berlebihan



Assalamualaikum.

Pada suatu hari, sambungan internet di Antep mati. Satu kota tak punya akses internet selama lebih dari 24 jam. Mati gaya maksimal pokonya. Saya "dipaksa" membuka kembali koleksi bacaan saya yang sudah lama terbengkalai. Ada satu ebook yang menarik: Your Guide to Good Food Choice.



Disitu disebutkan: Weight management is not about losing weight, it is about gaining control. You gain control by making good choices, of what you eat.

Artinya, mengatur berat badan sejatinya adalah masalah memegang kendali atas pilihan makanan kita. Jika makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi adalah makanan yang baik dan benar, maka berat badan akan mengikuti dengan sendirinya. Jadi tak perlu repot-repot berjibaku dengan diet yang menyiksa. Makan saja seperti biasa tapi terkendali.

Satu tips yang saya ingat dari sekian banyak tips yang dibeberkan di buku tersebut adalah keep meals simple. Buat makanan yang sederhana. Jangan terlalu merepotkan diri sendiri dalam mengolah makanan karena logikanya makin rumit cara mengolah, makin lama proses pengolahannya. Apakah masih ada kandungan gizi yang tersisa jika makanan diolah terlalu lama?

Dan saya teringat ayat yang terdapat di gambar di atas itu. Jadi seperti dinasihati dua kali, yaaa. Makan dan minumlah dan janganlah berlebihan. Sesekali bolehlah kita memanggang kukis, cupcakes, roti dan segala yang sedap-sedap. Sisanya, mari sederhanakan makanan dan minuman kita. Semoga tetap sehat dan selalu langsing. Aamiin. ^_^
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...