Wednesday, December 21, 2016

Jurnal Homeschool Bagian 33: Membaca dan Menggambar


Assalamualaikum.

Anak-anak mulai dibiasakan membaca, lagi, walau buku-bukunya terbatas. Tapi ga usah sedih, di jaman teknologi canggih ini, buku-buku sudah bisa diunduh gratis di situs-situs penyedia buku. Tinggal rajin ngubek-ngubek google aja. Alhamdulillah, bebeberapa buku yang cukup bagus sudah bisa kami baca bersama-sama.



Saat ini, anak-anak belum bisa membaca jadi ibunya yang harus rajin menyediakan waktu membacakan buku atau cerita yang mereka inginkan. Beberapa buku yang kami unduh adalah buku yang mereka pilih sendiri. Rata-rata soal binatang atau pengetahuan umum.

Setelah membaca, di beberapa buku ada pertanyaan yang bisa dijawab anak-anak. Untuk buku berbahasa Inggris, kita bisa membacakan dan menerjemahkan, jika perlu. Atau membuat ringkasan cerita dalam bahasa ibu.


Nah, untuk membuat kegiatan membaca lebih menarik, setelah membaca, berikan pertanyaan-pertanyaan seputar bacaan dan kegiatan lain, seperti menggambar. Belakangan saya menerapkan pola read and draw. Setelah membaca, anak-anak menceritakan kembali yang sudah mereka baca dalam bentuk gambar.


Situs yang menyediakan buku anak gratis di antaranya adalah freekidsbooksdan kidsworldfun. Untuk cerita-cerita klasik bisa juga lihat di archive

Semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...