Wednesday, January 4, 2017

Membuat Ikan dari Kain Flanel dan Pancingannya




Assalamualaikum.

Ali Osman minta boneka Nemo gara-gara liat boneka itu di market. Nah loh. Ibu ga beliin boneka karena emang ga ada anggaran buat beli boneka. Jadi ibu janji akan membuat ikan untuk Ali O.

Gimana cara bikin si Nemo? Setelah menimbang-nimbang, ibu dapet ide bikin ikan dari kain flanel aja supaya mudah dijahit. Dan Ali O berubah pikiran pas ditanya, "Mau ikan satu atau banyak?"

Dia pasti memilih ikan yang banyak. "Jadi ga usah bikin Nemo, ya?" Dia pun mengangguk. Sip lah. Ibu pun langsung mencetak pola ikan dan membuat ikan yang banyak plus pancingannya. Ali O ga usah pergi jauh-jauh untuk mancing ikan. Tinggal duduk manis di kamar, sambil sedikit manyun karena ikannya susah dipancing (kayak lagu yaaa). ^_^

Ikan dari Kain Flanel

Bahan:
Kain flanel aneka warna
Pola ikan, bisa cari di google
Benang
Pita
Dacron atau kapas
Twist tie


Cara membuat:
1. Cetak pola di kain flanel. Gunting dengan bantuan jarum pentul. Buat dua lapis kain untuk satu ikan karena ikan akan diisi dacron.


2. Jahit sekeliling kain flanel yang sudah digunting bentuk ikan dengan tusuk jelujur, sambil diisi dacron dan beri pita di bagian mulut ikan. Tutup jahitan dan matikan.



3. Ulangi hingga jumlah ikan yang diinginkan.
4. Siapkan tongkat dari rotan, beri pita dan pasang sedikit twist tie, semacam kawat yang berlapis plastik untuk pengait, supaya ikan bisa dipancing.


Catatan:
Ikan-ikan dari flanel ini bisa dipakai untuk membantu belajar berhitung. Jika ada lebih dari satu anak, perluas dengan membahas siapa yang memancing ikan lebih banyak. Bisa juga dipakai untuk belajar warna dalam bahasa-bahasa yang menjadi target belajar. Selamat belajar sambil bermain. ^^.

posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...