Wednesday, January 11, 2017

Membuat Pelapis Sofa Sederhana dari Kain Bekas



Assalamualaikum.

Udah lama pengen bikin pelapis sofa alias sofa cover. Apalagi itu sofa umurnya udah mayan tua. Tampangnya juga udah mulai belel. Mau ganti, belum rela, hehehe, karena fisiknya masih bagus.

Liat-liat model sama cara bikin pelapis sofa yang paling mudah. Plus nyari kain yang kira-kira pas. Apa daya, ga nemu kain yang cocok.

Akhirnya, teringat kain pelapis kasur buatan bumer. Inget kan kasur yang saya permak jadi kasur lipat? Nah, kain inilah yang membungkus si kasur itu. Dulu kami pakai tidur sebelum akhirnya dipermak. Kainnya masih bagus, tebal dan kuat dan motifnya, ditilik-tilik, cakep juga yak? ^_^ Ya udah, karena kasurnya udah dipermak, si kain pelapis kasur pun dirotasi menjadi pelapis sofa. Alhamdulillah. Kalau ga ada kain model gini, seprei tua yang masih bagus pun bisa disulap jadi pelapis sofa. Acara melapis sofa pun melebar menjadi menata ulang ruang tamu. Eeaaa.

Kain pelapis sofa

Bahan:
Kain selebar sofa
Benang untuk menjahit



Cara membuat:
1. Ukur luas area yang hendak dilapis, lebihkan untuk melipat kain ke dalam. Saya hanya melapis bagian sandaran dan jok karena bagian bawah sofa berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang masih harus dibuka sesekali.
2. Gunting dan pasangkan di bagian yang hendak dilapis. Rapikan dengan cara menyelipkan kain ke dalam sisi-sisi sofa.
3. Untuk bagian jok, karena bentuknya L, saya punya masalah di bagian sudut. Untuk memudahkan, bagi dua kain sehingga tidak bermasalah di bagian sudut. Sisa bahan bisa digunakan untuk membuat sarung bantal.

posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...