Wednesday, April 12, 2017

Semangkuk Mie Rebus Buatan Sendiri



Assalamualaikum.

Mie rebus buatan sendiri? Lebih gampang bikin mie instan. Tinggal nambahin bakso. Ih hari gini masih makan mie instan. Ya, alhamdulillah kalo sempet sih. Dan karena ada temen yang kerja sebagai penyalur mie, stok mie di rumah terjamin. Tapi, kalo mie habis alias stok kosong, ya terima nasib. Nah, kalo stok mie kosong, dan pengen mie? Eng ing eng, let the fun begin. 😄

Kalo begitu ceritanya, mau ga mau, kita bikin sendiri dah si mie dan kawan-kawannya. Pas emang ada kalkun. Pasti lebih sedap mie rebus pake kuah kalkun kan?

Siap membuat mie rebus sendiri?

Pertama, kita siapkan kuahnya. Kali ini saya menggunakan rice cooker serbaguna untuk membuat kuah. Masukkan semua bahan, dan biarkan si cooker bekerja. Bahan yang diperlukan untuk kuah mie :

1. Air. Saya pakai 4 liter karena sekalian nyetok.
2. Kalkun atau ayam. Bisa pake tulangnya atau dagingnya. Jumlahnya sesuaikan dengan jumlah air.
3. Bawang putih. Pakai yang banyak, biar sedap. Geprek dulu ya.
4. Bawang merah/bombay. Kalo ukurannya besar, satu aja cukup. Potong empat.
5. Jahe. Kalo bubuk, 1-2 sdt cukup atau 1 ibu jari. Jangan lupa digeprek.
6. Garam. Pake sedikit dulu, nanti jika kurang sedap, bisa ditambah.
7. 1 wortel atau beberapa batang daun bawang bisa dimasukkan juga sebagai penambah aroma.

Sementara si kuah direbus, bolehlah kita cuci piring dulu (bisa diskip kalo ga suka cuci piring atau ga ada cucian piring), kemudian kita siapin mie. Biasanya saya membuat mie tanpa mesin, lebih praktis. Tinggal digilas dan diiris, terus direbus. Kalo mau pake mesin, bisa juga. Untuk mie rebus ini, silakan hitung berapa banyak mie yang diperlukan. Saya cuma perlu tiga porsi mie, jadi bahan yang diperlukan ga banyak:

1. Tepung terigu, 1 cup/gelas belimbing.
2. Air, 1/4 cup/gelas belimbing.
3. Garam secukupnya.

Aduk semua bahan, uleni hingga menjadi satu adonan yang lembut. Diamkan sebentar sebelum digilas.

Sambil menunggu, siapkan air untuk merebus mie. Beri sedikit minyak. Siapkan pula saringan untuk menampung mie yang sudah matang.

Bagi adonan menjadi dua atau tiga. Gilas tipis. Taburi dengan tepung maizena atau sagu. Gulung, iris sesuai selera. Pisahkan mie dan langsung direbus jika air rebusan sudah mendidih. Merebusnya ga pake lama, karena ini mie segar bukan mie spagheti yang keras itu. Langsung angkat dan pindahkan ke wadah saringan. Siram air dingin, beri minyak lagi supaya ga nempel. Minyak sayur loh yaaa.

Tempatkan mie di mangkok-mangkok, jadi nanti tinggal siram kuah dan siap disantap.

Sampai di sini, proses membuat mie rebus sudah selesai. Tapi kuah saya belum matang. Jadilah, saya membuat bakso dulu sebagai pelengkap.

Bahan yang diperlukan:
1. 200-300 g dada ayam/kalkun atau daging sapi
2. Bawang putih
3. 2-3 sdm tepung sagu
4. 1 putih telor
5. Garam
6. Air es secukupnya

Masukkan semua ke dalam blender atau food processor, giling hingga halus.
Siapkan air dalam panci yang cukup besar. Didihkan airnya. Kecilkan apinya.
Bakso siap dibentuk dan direbus. Cara membentuk bakso yang cepat adalah dengan mengambil sedikit adonan dengan tangan kanan, meremasnya hingga adonan keluar dar sela ibu jari dan telunjuk. Sendokkan dengan tangan kiri dan masukkan ke air rebusan. Atau bisa juga mnggunakan dua sendok. Tapi ini agak lama.

Setelah bakso masuk, tunggu hingga dia naik ke permukaan. Biarkan mengapung. Jika semua bakso sudah masuk, dan mengapung, besarkan api dan didihkan sebentar. Angkat, tiriskan, siram dengan air dingin. Bakso siap disantap.

Kembali ke mangkok mie. Beri beberapa buah bakso. Bisa juga menambahkan toge atau sawi atau apapun sesuai selera. Asal jangan menambah luka. #apasih

Kuah yang sudah matang siap disiramkan ke dalam mangkok. Jangan lupa dikoreksi rasanya. Dan mie rebus pun siaaap. Sajikan bersama sambel kesukaan.

Demi mendapatkan semangkok mie rebus yang sedap dan sehat, kita perlu waktu satu jam saja sodara-sodara. Sementara mie instan bisa siap dalam waktu lima menit. Nyebelin ye? Iye, tapi mie instan ga sehat dan sedapnya pun karena MSG kaaan? Dan mie rebus buatan sendiri dijamin lebih sehat dan nikmat karena bikinnya pake cinta. #eeaaa

Gimana? Masih mau bikin mie rebus sendiri? Maulah, gampang kok. Lebih gampang lagi, bikin yang banyak, stok bahannya, jadi pas pengen mie rebus, tinggal dipanasin aja. Keren daaah 👍👍
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...