Monday, May 29, 2017

Roti Sobek Happycall



Assalamualaikum.

Manggang roti pake happycall? Bisaaa!

Ini sebenernya resep lama yang pernah saya coba tapi baru kali ini dimodifikasi supaya mudah ditiru para pemula dalam dunia pembuatan roti. Plus kalo di rumah ga punya timbangan dan perintilan dapur lainnya. Tapi, sendok punya kan ya?

Jadi, ga ada alasan lagi untuk ga bikin roti sendiri yang jelas lebih sehat karena bahannya bisa kita pilih yang terbaik, lebih bersih karena kita yang melakukan semuanya sendiri (kecuali standar kebersihan kita buruk sekali), dan lebih hemat, sekali panggang dapat banyak roti aneka rasa. Dah, ayo dicoba resepnya.

Roti Sobek Happycall
Adaptasi dari resep Sangjin Ko
Bahan:
1 gelas belimbing air hangat
2 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
1/2 sdm ragi instan
1/2 gelas tepung terigu protein rendah
2 gelas tepung terigu protein tinggi
2 sdm minyak sayur
*tepung bisa diganti dengan tepung serbaguna

Isi:
Keju
Cokelat
Abon

Cara membuat:
1. Siapkan air hangat, masukkan gula pasir dan garam. Aduk hingga larut. Tes pake jari, kalo hangatnya udah ga nusuk bikin jari sakit, udah aman untuk masukkan ragi. Aduk lagi. Diamkan sebentar.
2. Masukkan terigu, aduk rata.
3. Tambahkan minyak sayur. Aduk. Mulai uleni hingga kalis elastis, ga lengket di tangan. Kalo adonan masih lengket, lembek, celupkan tangan ke dalam terigu, uleni lagi. Lakukan hingga adonan ga lengket di tangan. Bulatkan. Tes pencet, kalo dia membal pas dipencet, adonan siap untuk istirahat (proofing).
4. Simpan adonan di wadah tutup kain, istirahatkan selama 2 jam. 3 jam juga boleh.
5. Kempiskan adonan. Bagi 12 atau sesuai selera. Kalo mau rata besarnya, gunakan timbangan.
6. Isi keju atau cokelat (pake cokelat batangan bisa juga biar ga blepotan). Bulatkan lagi. Tata di happycall. Tutup. Istirahatkan selama 40-60 menit atau hingga adonan naik ke permukaan happycall.
7. Gunakan api kecil, masak kurang lebih 7-10 mnt, tergantung kondisi api + happycall, sambil diperiksa dasar roti. Kalo udah mulai coklat, balikkan happycall, masak lagi 7-10 mnt atau hingga matang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...