Friday, September 14, 2012

Red Velvet Cake (yang kurang velvet)

Ceritanya saya penasaran banget sama kue ini, Red Velvet Cake. Kenapa dia bisa berwarna velvet alias merah tua begitu? Ternyata kan pada pake pewarna. Nah, kemaren saya dapet resep yang ga pake pewarna kimia tapi pake air buah bit. Yah, air buah bit juga ga punya. Akhirnya pake air teh apel. (sesat!). Dan itu ga membuat si cake jadi merah velvet. Apa lain kali ga usah pake coklat biar merah teh apelnya
keluar?

Resep RVC di bawah ini adalah resep RVC a la Warteg Gaziantep (pake air teh apel dan cuma setengah resep). Boleh diikuti, dilewati juga ga pa pa, ga marah koq. Resep yang saya contek ada disini.

Red Velvet Cake (yang kurang velvet) a la Warteg Gaziantep
Bahan:
236 ml minyak sayur (saya pake minyak zaitun)
200 g gula pasir
2 butir telor
50 ml air teh apel

192 g terigu
25 g coklat bubuk
1/2 sdt garam
(ayak bersama)

1 cup yogurt

1 sdt baking powder (harusnya soda kue)
1 1/4 sdt air lemon
(dibuat dan dimasukkan paling belakang)

Cara membuat:
1. Campur minyak, gula, dan telor. Aduk rata. Saya mengaduk dengan sendok biasa.
2. Tambahkan air teh apel.
3. Masukkan terigu yang sudah dicampur bersama coklat, aduk rata.
4. Tambahkan yogurt. Aduk rata kembali.
5. Tambahkan campuran baking powder dan air lemon.
(Karena anak sudah mulai rewel, semua bahan terakhir saya campur bersama baru diaduk)
6. Tuang ke dalam loyang (saya pakai 26cm) yang sudah dioles minyak.
7. Panggang selama kurleb 30 menit dengan suhu 180 der C (cek dengan tusuk sate).
8. Dinginkan dan hias dengan buttercream frosting.

Buttercream frosting
Bahan:
100 g mentega, suhu ruang
100 g gula (sebaiknya gula bubuk)

Cara membuat:
1. Lembutkan mentega dengan menggunakan sendok kayu.
2. Tambahkan gula. Aduk rata (saya menggunakan tangan) sampai lembut sesuai keinginan.



2 comments:

  1. ceritaku laen lagi mbak. aku sukses bikin brown velvet cake, krn ga pake pewarna merah. sukses juga nge-layer nya jadi 3 lapis. tp frostingnya cuma pake whipped cream aja. suamiku ga suka. jadilah satu cake besar aku makan sendiri hehehe... kok habis ya? ga terasa. tambah berapa kilo ya habis makan tuh cake???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. gpp laaah kan diambil lagi sama anak :)
      emang ajaib ye.. dibikinin kue enak malah ga dimakan... hadeeh...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...