Wednesday, October 3, 2012

Abon Ikan Sederhana

Kemaren Cipluk kasih ide bikin abon dan kasih resepnya juga, a la Cipluk. Dia bilang untuk resep lengkap, silakan cari di gugel. Ealah, cari-cari malah putus asa soalnya bahan-bahan yang dibutuhkan jelas-jelas ga tersedia di sini. Jadi saya pake yang Cipluk kasih aja. Resep ini dicoba dengan menggunakan ikan panggang sisa. Besok-besok, saya mau coba pake ikan yang seger dari pasar. Yuk, ah.




Abon Ikan Sederhana
Bahan:
2 potong ikan (saya lupa nama ikannya), dikukus atau digoreng dulu kemudian disuwir
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang
5 siung bawang putih, cincang
Garam
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan ikan dan beri garam.
3. Masak hingga kering. Sebaiknya menggunakan wajan anti-lengket dan api kecil.
4. Angkat, dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.



6 comments:

  1. ikan tongkooooooooooool. :-))))

    ReplyDelete
  2. bukaaaaan.
    ikan tongkolnya dipanggang tapi udah abis :)
    yang ini kecil2 tp 10 ekor. coba gimana ngabisinnya. akhirnya sisa 2 ekor itulah jadi abon. horeeee :D

    makan pake roti, ata ditabur diatas spaghetti (ngarang!) enyaaaakkk!

    tenkyu ya chef daff :)

    ReplyDelete
  3. hamsi bukan ya? saya punya sisa hamsi di freezer, diapain ya?

    ReplyDelete
  4. bukan mba, agak lebih besar dari hamsi. tapi saya pernah coba juga pake palamut, bisa.

    kalo hamsi, digoreng kering aja. makan sama nasi anget, lalap, sambel :) atau dibuat ikan asin juga bisa.

    ReplyDelete
  5. pengen banget bikin ikan asin, tapi njemurnya dimana? kalo di balkon, takut dipatokin burung lagi, kayak sayuran saya habis dipatokin butung.

    ReplyDelete
  6. hehe. kadang sy jemur di jendela, kan ada tepiannya tuh. masih kena sinar matahari juga dan ga dipatok burung.

    sekarang saya mau coba di atas kulkas katanya bisa. cuma emang harus rajin bolak balik biar keringnya rata. mungkin bisa juga ditaro deket2 pemanas biar cepet kering :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...