Tuesday, October 23, 2012

Simple Sugar Cookies -- Kukis Sederhana

Jika Anda sedang sakaw kukis tapi bahan-bahan untuk membuat kukisnya amat terbatas, jangan kuatir. Ada resep kukis yang sederhana tapi hasilnya ga kalah sama kukis yang bahannya ribet. Orang rumah aja langsung rebutan mencoba kukis (maklum sakaw masal!). Ga percaya? Coba tanya oom yahoo (resep asli menggunakan keping coklat).

Saya juga tadinya ga percaya tapi demi memenuhi hasrat sakaw kukis, saya coba deh, seperti biasa, setengah resep. Tapi adonan masih terlalu kering jadi saya menambah lagi minyak zaitun supaya adonan bisa dipulung. Percobaan kedua, saya coba sesuai resep (tanpa choco chip) adonan tidak kering dan mudah dipulung.

Simple Sugar Cookies
Bahan:
2 cup terigu
2 sdt baking powder
1/4 sdt garam (di percobaan kedua, saya tidak memakai garam)
1 sdt kayumanis bubuk (bisa ditambah kalo suka)
1 sdt jahe bubuk (jika suka)
1/2 cup gula (menurut saya masih terlalu manis)
1/2 cup minyak zaitun 
1/4 cup air





Cara membuat:
1. Ayak bersama, terigu, baking powder, garam dan kayumanis bubuk.
2. Campur gula dan minyak lalu beri air. Aduk rata.
3. Tuang campuran gula ke campuran terigu, aduk rata hingga adonan dapat dipulung.
4. Panaskan oven 180 der C.
5. Ambil sedikit adonan, bulatkan dan tata di atas loyang yang sudah dilapis kertas baking.
6. Panggang kurang lebih 5-10 menit (Jangan sampai terlalu kecoklatan. Jika adonan terasa masih lunak, ia akan mengeras ketika didinginkan).
7. Sajikan.

Untuk 65 buah kukis ukuran kecil.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...